Saturday, April 30, 2022

,

Takut Berat Badan Meroket Pasca Lebaran?

 

Annyeong Teman Nunna, 

Widiih ga berasa kita sampai di penghujung Ramadhan dan juga penghujung challenge dari Blogger Perempuan. Jujur, kebantu banget buat konsisten sih setelah ikut challenge ini. InsyaAllah kebiasaan baik harus diteruskan. 

Oh ya, Lebaran sudah menghitung hari bahkan jam juga ya. Nunna secara khusus mohon maaf lahir batin kepada Teman Nunna di manapun kalian berada. Mohon maaf dengan sangat atas segala khilaf yang Nunna lakukan sengaja ataupun tidak. 

Eits momen Lebaran emang waktu yang tepat untuk menjalin silahturahmi. Apalagi tahun ini, tidak ada larangan mudik dan halal bihalal, hanya pembatasan jumlah peserta halal bihalal saja. Karenanya tahun ini hybe mudik lebih berasa dari dua tahun kemarin.

Tapi... ada yang sama gak kaya Nunna, selalu cemas saat Lebaran datang. Cemas kalau angka timbangan terus bertambah pasca Lebaran. Kebiasaan tiap berkunjung dan bersilahturahmi diminta incip kue, jajanan, makan opor, rendang, huhuhu. Ada yang sama? Atau sama juga tim yang suka abisin kue kering di rumah? Karena ternyata ada survey yang menyebut bahwa kue kering lebih banyak habis oleh pemilik rumah, bukan tamu. Hehehe...

Nah, Nunna mau bagi sedikit tips mengontrol berat badan setelah Lebaran. Check this out.


Biasakan Puasa Sunnah

Tapi pastikan niat awalnya tetap ibadah ya teman-teman, bukan untuk diet. Puasa sunnah membantu kita meneruskan kebiasaan baik selama Ramadhan. Menekan nafsu makan dan pola makan yang teratur. 

Olahraga

Jangan cuma wacana kaya Nunna ya. Nunna tahu kok banyak di antara kita yang cita-cita punya perut kotak kotak rata, tapi mager bawaanya. Nunna juga seringan gitu soalnya. So, mulai lagi kebiasan olahraga kita. Yang biasanya ngegym, sepedaan, lari, kickboxing, atau apalah. Lakukan lagi sekarang.

Batasi Cemil Cemil Saat Berkunjung Lebaran

Ini mau gak mau harus dilakukan yaah. Kalau ditawarin icip-icip, cukup ambil 1-2 keping kue saja. Jangan setoplesnya dibawa. Atau kalau ditawari makan opor, makan secukupnya saja untuk menghormati pemilik rumah.

Perbanyak Makan Buah dan Serat

Mungkin selama Ramadhan kita lebih banyak makan daging, santan, yang manis manis. Nah mulai lagi perbanyak makan buah dan makanan berserat tinggi. Anggap saja kita detoks usus deh. Jadi proses bebersih perut harus segera dilakukan.

Atur Pola Makan dan Batasi Porsi Makan

Mulai atur pola makan defisit kalori untuk mengurangi berat badan. Tapi tetap perhatikan gizi dan nutrisi pada makanan. Jangan defisit kalori tapi yang dimakan junk food. Sama saja bohong kan. 


Yang paling penting, sama dengan perjalanan challenge blog dari Blogger Perempuan ini, konsistensi itu akan membedakan hasil akhir. Mereka yang berhasil, adalah mereka yang konsisten membangun kebiasaan baik. 

Semoga artikel kali ini bermanfaat ya. Sampai bertemu di blog challenge selanjutnya juga di post selanjutnya.



0 comments:

Post a Comment