Thursday, February 29, 2024

Remedies ; Lari dari Luka Trauma tak Menyembuhkan

Remedies || Trissella || @fiksigpu || Baca di @gramediadigital || 2023 || 264 halaman

Rate : 5/5 ⭐

Waktu awal baca novel ini di grup @gerakanoneweekonebook ada teman yg sudah info, hati hati karena bs jadi trigger. Apakah Nunna berhenti baca? Tentu tidak, makin penasaran jadinya ceritanya seperti apa. 

Remedies ini berkisah tentang Gerry, siswa SMA dan mantan atlet polo air, yang mengalami luka dan trauma di masa lalunya. Yang mengakibatkan perangainya berubah. Tidak hanya perangainya, tapi juga dia yang dulunya atlet jagoan polo air semasa SMP, menjadi phobia air. Ia menjadi murung, gampang marah jika disinggung tentang keluarga atau tentang masa lalunya sebagai atlet. 

Semua amarah dan traumanya itu ternyata berawal dari kecelakaan yg dialaminya dengan sang Bunda. Kecelakaan itu membuat bundanya lumpuh dan berimbas tragedi tragedi lain yang terjadi dalam keluarganya. Gerry menyalahkan dirinya sendiri atas semua tragedi dalam keluarganya. 

Amarah dan rasa bersalah itu ia pendam selama dua tahun, membuatnya merasa bersalah dan tidak pantas untuk bahagia. Ia juga mengalami mimpi buruk dan insomnia selama dua tahun terakhir. Beruntung, Gerry memiliki Niko, Farhan, dan Retha sebagai sahabatnya. Hingga pada akhirnya ia bisa mulai menyembuhkan lukanya. Bukan lari dan membuat luka itu terus mengganggunya. 

Novel Remedies ini membawa kita untuk kembali belajar tentang Lima Tahap Kedukaan atau 5 Stages of Grief, yang pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Elisabeth Kubler-Ross pada bukunya tahun 1969, On Death and Dying. 5 tahap kedukaan tersebut antara lain Denial, Anger, Bargaining, Depression, and Acceptance. 

Apakah setiap orang yang berduka akan melalui tahapan-tahapan itu hingga pada akhirnya mencapai penerimaan atau acceptance? Pada umumnya iya, tapi bagaimana prosesnya, berapa lama di tiap tahapannya, dan bagaimana cara mengatasinya tentu tiap individu berbeda-beda. 

Di novel Remedies, tokoh Gerry benar benar digambarkan mengalami perjalanan dan perkembangan karakter sesuai tahapan kedukaan sampai akhirnya ia menerima semua tragedi dalam hidupnya dan dapat melanjutkan hidup dengan lebih ringan. Karena beban masa lalunya, amarahnya, semua keresahan dari masa lalunya bisa ia letakkan. Gerry mengalami pergolakan emosi dan batin selama dua tahun. Dan dua tahun itu pula lah ia menjalani proses  tahapan kedukaannya. 

Bagaimana ia menyangkal bahwa ibunya sudah meninggal. Marah kepada ayah yang meninggalkannya. Masuk ke tahap bargaining yang muncul dari interaksinya dengan sahabat, guru, serta om tantenya. Mengalami depresi hingga ia tidak bisa nyenyak tidur karena mimpi buruk atau kebiasaannya merokok. Hingga di titik ia menerima semua yang terjadi dalam dirinya. Bahwa ia tidak sendirian dan masih banyak yang menyayanginya.

Jujur membaca novel ini dari awal hingga akhir Nunna juga ikut merasakan sakit yang dialami para tokoh. Gaya penceritaannya menarik, bisa membuat pembacanya seakan tersedot ke dalam isi cerita. 

Kalian harus baca banget novel ini. 

Sekali lagi, Nunna hanya menyarankan, saat membaca siap siap bawa tissue. 

Happy reading semuanya



Continue reading Remedies ; Lari dari Luka Trauma tak Menyembuhkan

Tuesday, February 20, 2024

,

Ketika Lima Sekawan bertemu Teman Berpetualang di Pulau Seram

Lima Sekawan di Pulau Seram || Enid Blyton || @gpu || Baca di @gramediadigital || Oktober 2018 || 184 halaman

Rate : 5/5 ⭐

Membaca Lima Sekawan karya Enid Blyton kali ini seperti membawa ingatan terbang di masa kecil dulu. Salah satu novel yang suka saya baca itu novel Lima Sekawan ini. Masih inget banget deh dulu dibela belain pinjem ke rental komik. Jadi, mari kita tumbuhkan memori masa kecil lagi dengan membaca novel novel karya Enid Blyton dengan usia dan pemahaman saat ini.

Kisah kali ini berjudul Pulau Seram. Masa-masa liburan sekolah, Anne kembali pulang ke rumahnya bertemu lagi dengan kedua kakaknya Julian dan Dick. Di hari pertamanya tiba, mereka berencana akan bertemu George. Tapi, ibu mereka menghalangi karena ada tamu yang hendak bertemu dengan mereka.

Siapa sangka, Ibu Layman yang hendak bertemu dengan mereka membuat mereka merasakan petualangan berbeda di Pulau Seram. Karena bu Layman juga mereka berkenalan dengan Wilfrid, cucu bu Layman yang harus mereka temani beberapa hari.

Wilfrid yang tadinya dianggap aneh oleh George, Anne, Julian, dan Dick jadi lebih ramah dengan mereka. Apalagi Timmy, anjing kesayangan George, yang langsung nempel dengan Wilfrid. 

Menariknya cerita kali ini, karena lima sekawan bisa memecahkan 2 hal. Memecahkan misteri dibalik Pulau Seram serta memecahkan kenakalan dan angkuhnya sikap Wilfrid. Wilfrid yang tadinya tengil jadi bersikap manis ke keempat anak lainnya.


Novel ini masih asik dibaca. Petualangannya juga masih menegangkan. Hanya saja, bagi Nunna yang membaca di usia saat ini, rasanya  endingnya kurang nendang. Berharap terbongkar siapa dalang perampokan harta karun di Pulau Seram. Padahal pikiran liar Nunna saat ini sudah menerka nerka siapa. Tapi yah, untuk cerita novel anak dan remaja ketegangan cerita beserta alurnya sudah cukup menarik. Cukup membuat pembaca duduk membaca sampai akhir.

Selamat membaca semuanya


Continue reading Ketika Lima Sekawan bertemu Teman Berpetualang di Pulau Seram

Thursday, February 15, 2024

,

Forever Monday ; Ketika Masa Lalu Penuh Misteri Menelan Hidup Mereka di Masa Kini dan Masa Depan

Forever Monday || Ruth Priscilia Angelina || @bukugpu || Baca di @gramediadigital || Januari 2014 || 320 halaman

Rate : 4/5 ⭐

Kisah cinta dan hidup yang rumit dan muram.

Mungkin ini adalah satu frasa kalimat yang paling tepat menggambarkan cerita dalam novel berjudul Forever Monday karya Ruth Priscilia Angelina ini. Aura kerumitan dan kemuraman itu bahkan sudah terasa di awal awal cerita.

Novel ini berkisah tentang Ingga Yatalana dan adiknya Gino Airlangga yang terpaksa harus ada di bawah perwalian Eras Uparengga. Hanya karena wasiat mendiang ayah mereka. Hubungan yang aneh, karena bahkan Eras seakan membenci keberadaan keduanya. Selalu bersifat kasar dan menghindar. Tapi Eras, selalu menghujani Ingga dan Gino dengan berbagai fasilitas, barang mewah, dan harta.

Tapi, bukankah tidak cukup hanya itu? Itu yang dirasakan Ingga. Ingga yang jatuh cinta pada Eras, rela hanya menjadi pacar hari senin, agar bisa bersama dengan Eras. Tapi sikap Eras masih saja dingin pada Ingga. Hidup Ingga digambarkan begitu muram meskipun tinggal di rumah yang penuh fasilitas.

Hingga muncullah Kale Samapta dalam hidup Ingga. Kale yang sama sama seperti Eras, pengusaha muda, tampan, dikejar-kejar banyak perempuan, playboy, dan segala pesonanya. Kale yang ternyata juga takluk pada pesona Ingga.

Apakah ini novel dengan cerita cinta biasa? Sayangnya tidak hahaha. Cerita dalam novel ini menyimpan bom waktu di tengah tengah penceritaan. Meledak karena semua konflik dan rahasia masa lalu dari tiap tokohnya mulai terkuak. Pun dengan keterkaitan tokoh satu sama lain pun membuat pembaca terkejut.

Bagaimana, di satu momen Ingga teringat dengan peristiwa traumatis masa lalunya dan mengaku ia telah "membunuh" ayahnya. Atau tentang Eras yang ternyata bersaudara dengan sahabat Ingga.

Yang membuat novel ini terkesan berbeda adalah cara penceritaannya. Penulis menuliskan tiap babak peristiwa berdasarkan point of view masing masing tokoh. Seakan, semua tokoh diberikan porsi yang sama untuk bersuara. pembaca seakan diajak melompat dari pandangan satu tokoh ke tokoh lainnya. Namun, menariknya ini makin menguatkan cerita yang dibuat mengalir.

Memang awalnya di beberapa babak awal, agak membosankan karena alurnya terkesan lambat. Tapi makin ketengah, makin kita bisa memahami gambaran besar cerita novelnya. Alur cerita jadi berkesan cepat, bahkan di akhir-akhir berasa kita membaca in a rush gitu alurnya. 

Tapi, untuk kamu yg punya anxiety, hati hati ketrigger yah. Karena banyak adegan dan dialog di novel ini yang Nunna rasa bisa memicu ketidaknyamanan. Terutama di saat POV Ingga dan Eras. Karena keduanya seperti memiliki luka masa lalu yang harus mereka tekan dalam dalam, namun sesekali muncul ke permukaan dan meledak.

Overall, novel ini menarik untuk dibaca. Meskipun buat Nunna ga bisa dibaca dalam sekali duduk yah. 

Selamat membaca


Continue reading Forever Monday ; Ketika Masa Lalu Penuh Misteri Menelan Hidup Mereka di Masa Kini dan Masa Depan

Tuesday, February 6, 2024

,

5 Stage of Grief dalam Kumpulan Puisi Kamu Tidak Istimewa karya Natasha Rizky

Kamu Tidak Istimewa || Natasha Rizky || Elex Media || Baca di @gramediadigital || Januari 2024 || 104 halama

Rate : 5/5 ⭐

Teruntuk kamu ,

Kita ini tidak istimewa.

Bukan satu satunya.

Dia mengurus seluruh Makhluk-Nya.

Dia menguji khalayak yang bertakwa.

Membaca kumpulan tulisan Natasha Rizky atau yang kerap dipanggil Caca ini seperti membaca kehidupan dari kacamatanya dan responnya terhadap apa yang terjadi. Kamu Tidak Istimewa yang terbit di awal 2024 ini seolah seperti rekam jejak hidup Caca beberapa waktu terakhir.

Disebut puisi tapi narasinya sangat kuat dengan kelugasan bahasa yang dipilih Caca. Tapi tentu tak bisa menyebut karya ini sebagai prosa. Karena tak memenuhi kaidah-kaidahnya. Jadinya saya akan menyebutnya sebagai puisi naratif. Bab tentang bahasan puisi naratif mari kita bicarakan lain waktu.

Terlepas karya ini harusnya masuk kategori mana, sungguh tulisan tulisan di dalam Kamu Tidak Istimewa (KTI) begitu indah. Indah dalam kesederhanaan dan kelugasan. Benar-benar mencerminkan ini adalah Caca dan bagaimana ia merespon peristiwa yang terjadi di hidupnya dan sekelilingnya. 

KTI terbagi menjadi tiga bagian, Perasaan, Realitas, Istimewa?. Kalau saya membacanya ini juga mewakili lima stage dari five stage of grief. 

Perasaan menggambarkan emosi Caca yang masih "meledak" tapi teredam oleh keadaan. Pada bab ini terlihat munculnya stage denial, anger, dan depression. Misal dalam puisi berjudul Cepat Lupa

...

Yang mana aku pernah merasakan kisah.

Yang akhirnya pergi tanpa diminta.

Aku kalut.

Atau dalam puisi berjudul Ruang Hijau 

...

Tadinya aku masih berharap.

Dia yang akan membangun narasi perjuangan.

Namun, kenyataannya...

Aku hanya memanjangkan angan-angan

Juga pada puisi berjudul Kamu Lalai 

...

Namun, manusia itu lalai akan lisannya.

Kau berlari sekuat tenaga.

Hingga tidak ada lagi suaramu.

Silam.

Tak perlu saya bahas lah latar peristiwa apa yang terjadi dalam hidup Caca sehingga terlahir dua karya di atas. Tapi terasa sekali fase fase denial, angry dan depression dalam narasi narasinya.

Kemudian di bab kedua, Realitas, terdapat puisi puisi yang menarasikan berada di stage bargaining. Sebenarnya narasi dalam stage ini juga muncul di beberapa puisi di bab awal. Namun, lebih banyak ditemukan di bab Realitas. Seperti, puisi berjudul Aduh.

...

Biar tak berbalas, tetapi cinta takkan jenuh. 

Walau nyatanya, "Aduh"

Atau di judul Belum Selesai

---

Meratapi, memandang

Menimang, memikirkan...

Air mata dipaksa tumpah.

Terus begitu hingga mengerti.

Yang dirasakan di stage ini, narasi "mulai menerima" realitas atau keadaan saat itu mulai muncul. Meskipun masih terlintas "mengapa begini" "harusnya begitu". 

Masuk di bab terakhir Sempurna?. Di bab ini, beberapa puisi menyiratkan acceptance dan penghambaan kepada Sang Pencipta. Ketika di saat tertimpa masalah, kita cenderung sibuk merasa kuat dan mampu menyelesaikan sendiri masalah itu. Padahal harusnya kita bisa saja bergantung pada sang Maha Kuasa, Allah SWT. 

Narasi ini muncul di beberapa puisi seperti pembuka puisi di bab ini Bagaimana ya? 

---

Kenapa harus repot dengan premis sendiri?

Kita kan bodoh

Sudah minta tolong? 

Belum benar benar pasti

Narasi yang sama muncul di puisi Dia Tidak Akan Zalim

---

Beliau berkata,

"Jika yang ditempuh adalah kreator semesta maka setidaknya kamu tidak akan hancur"

Juga pada puisi Terbukti Valid di halaman 73. 

Nah, dari semua bedahan dan tafsiran di atas. Kita bisa melihat perjalanan emosional dan spiritual penulis. Dengan tutur bahasa sederhana namun tetap dapat menjadi peluru yang mencabik cabik rasa saat membacanya. 


Karya Caca kali ini menurut saya dilahirkan dari proses yang jujur menangkap apa yang terjadi sehingga mampu lahir sebagai tulisan tulisan indah. Kamu tidak akan menyesal membacanya. Karena pasti mendapatkan insight positif setiap membaca bait demi bait dan judul demi judul.

Selamat Membaca

Nunna 💜



Continue reading 5 Stage of Grief dalam Kumpulan Puisi Kamu Tidak Istimewa karya Natasha Rizky

Wednesday, January 31, 2024

,

Kisah Hilangnya Kebenaran Bersama Laut ; Review Laut Bercerita

Laut Bercerita || Leila S Chudori || KPG || Baca di @gramediadigital || 379 halaman

Rate : 5/5 ⭐


Mengutip kata kata di lembar-lembar awal bahwa buku ini persembahan 

Kepada mereka yang dihilangkan dan tetap hidup selamanya

Betul, novel Laut Bercerita karya Leila S Chudori ini adalah salah satu dari banyak karya sastra Indonesia yang merekam dan mengisahkan peristiwa di seputaran tahun kelam tragedi 1998. Jujur, mengulas novel ini di masa-masa kampanye seperti saat ini agak ngeri ngeri sedap. Karena isu tragedi 1998 lengkap dengan pelanggaran ham di dalamnya menjadi isu yang mudah tergoreng di periode lima tahunan ini. Apalagi kalau bukan karena para keluarga korban yang hilang atau meninggal merasa belum mendapatkan keadilan. 

Back to novel yah, novel Laut Bercerita ini berkisah tentang seorang mahasiswa yg juga aktivis di UGM Yogyakarta bernama Biru Laut. Ia bertemu dengan rekan rekannya sesama ak7tivis yang kemudian rumah diskusi di Seyegan. Ada Daniel Tumbuan, Sunu Dyantoro, Alex Perazon, Gala Pranaya yang disebut Sang Penyair, Narendra Jaya, Kasih Kinanti, bahkan ia bertemu dengan kekasihnya Anjani. 

Sekelompok aktivis mahasiswa ini rutin melakukan diskusi bahkan aksi nyata melawan tindakan represif aparat dan juga pemerintahan Order Baru. Asli, saat membaca  novel ini sejak lembar-lembar awal kita seolah diajak ikut merasakan debaran menjadi aktivis di masa itu. 

Saat mereka membangun markas di Seyegan misalnya, penulis menarasikannya dengan sangat detail. Bahkan seakan kita bisa merasakan tekstur dindingnya, aroma kayu lapuknya. Atau saat mereka menyusun rencana aksi menanam jagung di Blangguan. Saat mereka harus merangkak di ladang yang basah karena hujan. Bagaimana Daniel tantrum merasakan belut atau binatang lain merambat di kakinya. Atau badan mereka yang lengket oleh lumpur kering.

Tapi di antara semua itu, penulis, Leila S Chudori, bisa benar-benar membuat hati saya terkoyak-koyak. Bagaimana ia menggambarkan saat para aktivis yang diculik itu termasuk Biru, dipukuli, diinjak, disetrum, disiksa sedemikian rupa untuk membeberkan siapa dalang aksi aksi mereka atau dimana teman teman mereka lainnya bersembunyi. 

Kekuatan dalam novel ini menurut saya ada dua hal. Pertama, latar peristiwa sejarah yang diangkat dalam novel ini digambarkan dengan sangat real. Mungkin ada beberapa bumbu fiksi di sana sini, tapi tidak mengurangi imaji pembaca yang akan membandingkannya dengan peristiwa aslinya. Latar peristiwa 1998, masih menjadi misteri dan membawa trauma sendiri bagi para korbannya dan keluarga korban. Sehingga mengangkat peristiwa ini bukan hanya sebagai tempelan tapi sebagai benang merah dan nyawa cerita dalam novel ini adalah kekuatan utama. 

Kekuatan kedua novel ini tentu saja adalah kemampuan penulis dalam menarasikan tiap peristiwa. Menggambarkannya secara detail. Ruang dan waktu dipresentasikan secara apik sehingga pembaca bisa ikut terlibat secara emosional di setiap bagian cerita. 

Jangan takut ketika mengetahui novel ini mengangkat latar sejarah dan beranggapan bahasanya akan rumit. Gaya penceritaan novel ini sangat mengalir dan mudah diikuti. Saya tersendat-sendat membacanya jujur karena tidak tega saat membaca adegan adegan sadis yang dilakukan kepada para aktivis di novel ini. Karena seolah tergambar jelas. 

Jadi baca saja dan silakan membuktikan sendiri senyata apa cerita di novel Laut Bercerita ini.

Selamat membaca 


Continue reading Kisah Hilangnya Kebenaran Bersama Laut ; Review Laut Bercerita

Monday, January 22, 2024

,

Ini Usulan Jajanan Baru untuk Beniko


Toko Jajanan Ajaib Zenitendo 2 || Reiko Hiroshima || POP Imprint KPG || November 2023 || 149 halaman

Rate : 5/5 ⭐

Setelah baca buku pertamanya, gak sabar rasanya jika tidak menuntaskan jilid keduanya.  Dan yah, tuntaslah Toko Jajanan Ajaib Zenitendo 2 dengan sekali duduk. Kali ini ada 6 cerita antara lain Roti Gulung Pencuri, Tas Dokter Permen Soda, Kerupuk Beras Dewa Rubah, Camilan Musik, Kartu Balas Dendam, dan Teh Jamuan Tamu.

Yang menarik di jilid keduanya, tidak semua cerita berakhir dengan menyenangkan. Ada cerita yang berakhir tragis pada tokohnya karena tidak patuh dengan aturan dari Beniko. Jadi berasa ceritanya lebih berwarna pesan moralnya. 

Nah, salah satu hal yang Nunna sadari setelah membaca kedua jilid novel karya Reiko Hiroshima ini adalah kedua jilid Toko Jajanan Ajaib Zenitendo ini adalah kedua buku ini bisa dijadikan bahan bacaan mendongeng orang tua pada anaknya. Membacakan buku pada anak sebelum tidur dengan kisah kisah yg terselip pesan moral di buku ini bisa jadi salah satu cara mendekatkan ikatan orang tua dan anak. 

Eh iya, Nunna jadi tiba tiba terpikir semisal bertemu dengan Beniko dan bisa mengusulkan varian jajanan baru apa sih yang Nunna pilih? Nah di epilog cerita kan Beniko sedang mencari varian jajanan baru. Mana tahu usul ini terpakai ye kaaan...


1. Permen Number 1 Person untuk BTS

2. Kue Bisa Pergi Kemana Saja dengan 1 Kedipan

3. Kue Bisa Lancar Semua Bahasa di Dunia

4. Permen bisa Bahagia di Dunia dan Akhirat

Sebenarnya masih banyak list sih, tapi empat ini aja dulu deh. Hehehe

Kalo kamu, mau jajanan yang bisa mengabulkan apa?


Selamat Membaca yaaah 💜


Continue reading Ini Usulan Jajanan Baru untuk Beniko

Monday, January 15, 2024

,

Toko Jajanan Ajaib Zenitendo 1 ; Hati Hati di Toko ini Keinginanmu Akan Terwujud


Toko Jajanan Ajaib Zenitendo 1 || Reiko Hiroshima || POP Imprint KPG || November 2023 || 151 halaman

Rate : 5/5 ⭐

Buat kamu yang suka cerita fantasi, sepertinya akan kepincut sama novel satu ini. Yap, judulnya Toko Jajanan Ajaib Zenitendo 1. Sesuai judulnya, iya betul ada jilid 2nya. Nanti Nunna bahas terpisah yah. Nah balik lagi di novel jilid pertamanya ini, Nunna bahas satu satu yah. 

Mulai dari ilustrasi cover dan ilustrasi ceritanya yang sangat apik. Ilustrasi yang digarap oleh Jyajya di novel karya Reiko Hiroshima ini membuat novel ini makin hidup. Di setiap bagian ceritanya terdapat ilustrasi tokoh yang membantu pembaca membangun imajinasinya. Yang paling Nunna suka ya tentu saja ilustrasi tokoh Beniko, pemilik toko jajanan ajaib Zenitendo.

Beniko, sang pemilik toko Zenitendo digambarkan bertubuh gempal yang selalu memakai kimono. Rambutnya yang semuanya berwarna putih ditata sanggul seperti wanita tua. Tapi dari wajahnya tidak ada tanda tanda penuaan. Wajahnya tanpa kerutan dan selalu dihiasi senyum saat ada pengunjung toko datang.

Sebenarnya novel ini bercerita tentang apa sih? Jadi, novel ini tuh berkisah tentang toko ajaib yang hanya muncul ketika ada seseorang yang benar benar menginginkan sesuatu. Dan Beniko, pemilik toko akan menjual jajanan yang bisa mewujudkan keinginan itu. Asalkan sang pembeli menaati petunjuk yang ada di setiap jajanan. Dan harga yang harus dibayar pembeli juga ditentukan Beniko, berdasarkan harta berharga yang saat itu dimiliki pembeli.


Di jilid pertamanya, terdapat 6 cerita dan 1 penutup cerita antara lain Permen Jeli Putri Duyung, Biskuit Binatang Buas, Es Berhantu, Pancing Kue Ikan, Cokelat Karisma, Pohon Pemasak, dan Tutup Toko. Masing masing ceritanya memiliki pesan positif yang bisa diambil pembacanya. Dan serunya terjemahan novel ini bagus sekali jadi membuat novel ini ringan sekali untuk dibaca dalam sekali duduk. 

Dari enam cerita di jilid 1 ini, Nunna suka semuanya tapi ada satu cerita yang paling membekas. Pohon Pemasak, di sini menceritakan seorang ibu tunggal dari dua anak yang melampiaskan amarah dan kekesalannya atas kehidupan ke anak-anak dan juga rumahnya. Rumah tak terurus, anak-anaknya tidak terawat dan jarang makan dengan semestinya. Yang menarik, pembeli jajanan ajaib bukan kedua anak itu, tapi perempuan muda yang iba dengan nasib kedua anak itu. Keinginan anak-anak itu hanya agar bisa makan dengan kenyang. Dan ya, itu terwujud dengan ajaib. 

Bagaimana detail ceritanya, kamu wajib baca novel karya Reiko Hiroshima ini. Dijamin tidak berhenti hingga lembar terakhir. Oh ya, spoilernya lagi tulisan novel ini besar besar. Jadi misal diberikan sebagai kado untuk anak-anak juga masih oke kok. Happy reading yah 

Saranghae, Nunna


Continue reading Toko Jajanan Ajaib Zenitendo 1 ; Hati Hati di Toko ini Keinginanmu Akan Terwujud

Friday, January 12, 2024

Me vs Small Things



Saat benda putih ini sampai di tangan, dan aku lihat ada bagian kecil yang bisa dilepas terpisah. Sejak saat itu aku yakin, umurnya ga akan lama di tanganku.

Dan betul saja, belum seminggu. Itu bagian kecil penutup soket charger sudah hilang.

Entah mengapa satu satunya kesadaran yg kumiliki adalah aku tidak pernah berjodoh panjang dengan benda benda kecil. Segala hal printilan kecil hanya akan berakhir di 2 takdir, hilang atau rusak. 🤧🤧

Not attention to small detail, mungkin itu salah satu kelemahanku. 

Dan saat, si putih kecil hilang. Mau marah juga ga bisa, marah ama siapa? Lah yang ngilangin juga aku 🤣🤣

Padahal ada yang bilang. Menjaga yg kecil saja tidak bisa. Bagaimana menjaga yang besar. 

Naaah itu. Jangan minta aku menjaga apapun. Karena bagiku, yang hilang pergi ya sudah. Tak perlu ditahan atau dicari. Jika ia kembali ya sudah. Kalaupun tidak. Lupakan. 

Begitulah... 
Cukup sekian dan terima transferan.

Continue reading Me vs Small Things

Monday, January 8, 2024

,

Bowl of Happiness ; Karena Kebahagiaan itu Menular dari Diri Sendiri


Bowl of Happiness || Sophie Maya

|| Gramedia Pustaka Utama || Cetakan Pertama 2016 || 280 halaman

Rate : 5/5 ⭐

"Kamu harus bahagia Len. Untuk dirimu sendiri."

"Berbahagialah Len. Sebab kamu pantas untuk bahagia"

Tidak semua orang terlahir dengan privilage bisa melakukan apapun yang dia inginkan. Bahkan ketika ia dilimpahi segala fasilitas dan materi dari orang tuanya. Ia harus hidup dalam bayang bayang impian orang tuanya. Itu yang terjadi pada Helen Felicia. Helen mengubur cita-citanya sebagai penyanyi saat kecil karena Mamanya ingin semua anaknya menjadi dokter.

Bertahun-tahun Helen hidup dalam bayang bayang impian Mamanya. Kesehariannya hanya belajar di sekolah, di tempat bimbel, juga di rumah. Hingga sampai pada satu titik, Helen harus "diasingkan" oleh Mamanya ke Semarang karena tidak berhasil mendapatkan nilai UN yang tinggi untuk masuk ke sekolah favorit Hannigan International School seperti kakak-kakaknya. 

Keputusan Lydia Berlian, mama Helen, memindahkannya ke sekolah "buangan" di Semarang sebagai hukukan Helen karena gagal masuk sekolah favorit sepertinya salah. Di SMA Sinar Bangsa, Helen bertemu dengan anak-anak unik di klub Mangkuk Kebahagiaan. Termasuk bertemu Lulu sang bintang.

Ada satu hal yang menarik setelah Nunna membaca buku ini adalah sebuah ide tentang kebahagiaan. Kita harus mengisi "mangkuk kebahagiaan" kita dulu sebelum bisa berbagi kebahagiaan atau mewujudkan kebahagiaan bagi orang lain.

Itu sebuah ide yang menurut Nunna sangat jarang disadari oleh orang kebanyakan. Kita begitu disibukkan untuk memenuhi ekspektasi orang lain, mewujudkan standar bahagia menurut orang lain. Padahal yang penting adalah apakah benar kita sudah bahagia menurut ukuran kita sendiri.

Salah satu tokoh dalam novel ini yang menarik dari novel ini adalah Laluna atau Lulu. Ia selalu berusaha membahagiakan semua orang di sekelilingnya, membuat mereka tertawa dan terpesona. Padahal ia menyimpan kedukaan dan kesakitannya sendiri.

"Namun, daripada kita hanya memikirkan kapan akan meninggalkan dunia, lebih baik memikirkan apa yang bisa kita lakukan selagi diberi kesempatan menari di atas dunia"

Dan pada akhirnya mereka semua benar-bener mengisi mangkok kebahagiaannya. Menemukan bahagia versi mereka masing-masing hingga bisa berbagi kebahagiaan ke banyak orang lain.

Baca deh novelnya, semoga mangkok kebahagiaan kalian juga penuh setelah membaca habis ceritanya.

Saranghae 

Nunna



Continue reading Bowl of Happiness ; Karena Kebahagiaan itu Menular dari Diri Sendiri

Friday, December 22, 2023

,

Koloni Kompilasi Pulang yang Makin Bikin Rindu Rumah


Koloni Kompilasi Pulang || Cerita dan Gambar : Matto Haq, Archie The Redcat, Azisa Noor, Rizukiaeru, Sweta Kartika, Rosalina Lintang

|| M&C! || Cetakan Pertama 2017 || 180 halaman

Rate : 4/5 ⭐

Kampung halaman itu bukan masalah di mana, tapi siapa yang ada di sana

Kampung Halaman - Azisa Noor

Buat kamu yang rindu rumah, saran Nunna sih ga baca kompilasi komik ini. Kalo ga pengen makin rindu pulang kampung kaya Nunna. Iya, tadinya pilih komik ini Nunna pikir bisa jadi bacaan ringan karena sedang rindu-rindunya ama rumah. Berharap dapat hiburan, dan sedikit melupakan kerinduan akan kampung halaman. Ternyata salah hehehehe. Baru baca cerita di komik pertama udah pecah tangis.

Iya kompilasi komik karya 6 komikus Indonesia ini memang keren parah sih menurut Nunna. Cerita dan gambar komiknya bagus sih. Dari 6 cerita komik hanya ada satu komik yang jujur Nunna agak ga paham ceritanya karena hanya ada gambar tanpa narasi tertulis. Komik dengan judul Home Sweet Home karya Sweta Kartika. Bukan karena gambar atau narasinya ga bagus ya, Nunna aja yang ga paham.

Kompilasi Komik Pulang ini dibuka dengan komik berjudul Mulih karya Archie the Redcat. Cerita komik ini yang tadi Nunna bilang auto bikin mewek dan makin kangen rumah. Menceritakan tentang Abdi yang bertahun-tahun tidak pulang kampung karena takut mengecewakan orang tuanya saat dia belum sukses. Ia juga tidak memberi kabar kepada keluarganya. Hingga pada satu waktu dia pulang kampung dan menemui keluarganya setelah ia sukses. Tapi ternyata ada plot twist yang membuat Nunna shock dan nangis. 

Ada juga kisah kehidupan di luar angkasa pada komik berjudul Kampung Halaman karya Azisa Noor. Komik ini menceritakan kehidupan orang orang yang hidup bertahun tahun di stasiun luar angkasa. Mereka yang mencari definisi rumah dan kampung halaman. 

Juga ada komik Kembali Pada Kenangan Kita karya Matto Haq, Kucing Imut dan Geng Jahil karya Rizukiaeru, serta Pressure karya Rosalina Lintang. Enam cerita komik yang berhasil mengaduk ngaduk perasaan pembaca. Ceritanya kena banget menusuk hati dan buat semakin rindu untuk pulang. 

Latar cerita yang ada di beragam daerah membuat pembaca dibawa terbang ke berbagai kampung halaman versi komikus. Kalian harus baca langsung dan temukan sendiri kesannya saat membaca satu persatu cerita komik. 

Selamat membaca.


Continue reading Koloni Kompilasi Pulang yang Makin Bikin Rindu Rumah

Friday, December 15, 2023

,

Medium Rare Mom ; Kisah Petualangan Ibu Muda Menemukan Kebahagiaan di Rumah


Medium Rare Mom || Mel Bakara || Elex Media Komputindo || Terbit 2021 || ISBN 978-623-00-2927-1 || 313 halaman

Rate : 5/5 ⭐

Novel ini Nunna temukan karena mencari novel bertema ibu yang inginnya dibaca tak terlalu berat. Bisa dibaca sekali duduk tanpa membuat pening. Berbekal cover buku yang terlihat "fun" dan blurb novel yang mengesankan "ah seru nih ceritanya kocak kayanya". Mulailah Nunna membacanya. 

Satu bab, dua bab, dan beberapa bab berlalu. Aman nih, kocak ceritanya, bahasanya asik dan mudah dipahami, alur ceritanya gak membosankan. Konflik rumah tangga pun mengalir seperti ringan ringan saja. Tapiiii masuk ke bab belasan, semua keceriaan yang disajikan di awal sirna. Konflik semakin intens dan duarrrrr bikin mikir dalam, nangis sesengukan, dan banyak banget dapat insight dari novel slice of life ini.

Yap, novel Medium Rare Mom memang sekeren itu. Pembaca dibuat larut dengan gaya bahasa penceritaan penulis, ikut masuk dalam konflik konflik kecil yang dihadirkan, hingga terbawa ke puncak penceritaan yang mind blowing. Ah lebay Nunna. Eits, jangan bilang saya lebay kalo belum baca sendiri.

Novel ini bercerita tentang Ella dan Ardo. Pasangan suami istri muda yang memiliki karakter yang masing masing unik. Ella sosok perempuan Alfa yang bekerja di perusahaan Jepang terbiasa memiliki power di kantor dan mengendalikan banyak pegawai di bawahnya pun harus mengikuti perintah pimpinannya. Ia beruntung memiliki Ardo, sahabatnya sejak kecil yg kini menjadi suaminya. Ardo yang selalu mengerti dan mengamini apa yang dia inginkan. Bagi Ardo, kebahagiaan Ella di atas segalanya. Termasuk dalam menunda memiliki momongan.

Bagi Ella, hamil dan memiliki anak saat itu hanya akan sedikit menghambat impian-impiannya dan karirnya. Dan Ardo memahami itu asalkan urusan hubungan sex tak harus ditahan tahan. Sampai suatu ketika, Ella menyadari sepertinya suaminya sesungguhnya menginginkan kehadiran anak di kehidupan rumah tangga mereka. Hanya saja Ardo tidak ingin memaksa Ella untuk hamil, kalo dia tidak siap.

Singkatnya, terjadilah kehamilan pertama Ella yang melahirkan baby Kunyit/Turmeric. Apa yang ditakutkan Ella terjadi. Karirnya berantakan sampai ia memutuskan resign dari pekerjaannya. Dan ia fix jadi Ibu Rumah Tangga saja. Keputusan yang membuatnya gelisah dan merasa kosong karena kehilangan jati dirinya. 

Kata kata "Ibu yang bahagia akan menjadi sumber bahagia di rumah tangga" itu benar adanya. Ella yang "belum selesai" dengan masalah dirinya yang mengalami post power syndrom merembet ke banyak masalah dan konflik lain. Termasuk hubungannya dengan Ardo. Hingga membuat Ardo meninggalkan rumah di saat Ella lagi-lagi mengandung anak kedua. 

Di novel Medium Rare Mom ini pembaca seakan diajak untuk menyelami bagaimana perjuangan seorang perempuan untuk menjadi istri dan ibu. Ibaratnya daging medium rare, Ella digambarkan sebagai sosok yang belum siap dan matang untuk menjadi ibu. Apalagi untuk menjalankan perannya sebagai ibu. 

Apakah salah seorang perempuan yang belum siap menjadi seorang ibu? Tentu tidak, karena bagaimanapun itu proses kehidupan. Pun seperti medium rare steak, kita bisa saja tetap menikmatinya kalau kita terlebih dulu bisa berdamai dengan diri sendiri. Menerima bahwa mungkin kita memang belum siap, "menyelesaikan" apa yang jadi masalah dalam diri kita sendiri. Karena, ya seperti Ella yang sadar bahwa ia harus mengosongkan dulu gelas dalam dirinya yang dipenuhi masalah, insecurity, post power syndrom, kemarahan-kemarahannya. Agar bisa diisi oleh kebahagiaan oleh Ardo suaminya dan si Kunyit.

Sadari dulu masalah yang ada dalam diri sendiri, benahi, temukan kebahagiaan yang berasal dari internal diri. Maka kita akan bisa memberikan cinta dan kebahagiaan sepenuhnya pada orang lain.

Aaah novel ini indah sekali. Terima kasih Mel Bakara. Karyamu sungguh membuatku banyak berpikir ulang.

Kalian harus baca bukunya yah. Cari di @gramediadigital juga ada.


Selamat Membaca.


Continue reading Medium Rare Mom ; Kisah Petualangan Ibu Muda Menemukan Kebahagiaan di Rumah