Tuesday, April 12, 2022

Menguak Rahasia The Big Four yang "Mengendalikan" Dunia

 


📚 Book Review 📚

Judul : The Big Four - Empat Besar
Penulis : Agatha Christie
Penerbit : @bukugpu
Tebal Buku : 288 hlm
ISBN : 9789792228632
Rate : 5/5 ⭐

𝙀𝙢𝙥𝙖𝙩 𝙥𝙚𝙣𝙟𝙖𝙝𝙖𝙩 𝙪𝙡𝙪𝙣𝙜 𝙞𝙣𝙜𝙞𝙣 𝙢𝙚𝙣𝙜𝙪𝙖𝙨𝙖𝙞 𝙙𝙪𝙣𝙞𝙖. 𝙏𝙚𝙩𝙖𝙥𝙞 𝙨𝙚𝙨𝙚𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙗𝙚𝙧𝙙𝙞𝙧𝙞 𝙢𝙚𝙣𝙜𝙝𝙖𝙡𝙖𝙣𝙜𝙞 𝙢𝙚𝙧𝙚𝙠𝙖 - 𝙙𝙞𝙖𝙡𝙖𝙝 𝙃𝙚𝙧𝙘𝙪𝙡𝙚 𝙋𝙤𝙞𝙧𝙤𝙩 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙩𝙖𝙠 𝙖𝙙𝙖 𝙙𝙪𝙖𝙣𝙮𝙖!

Memulai kembali rutinitas membaca dengan karya Agatha Christie itu sungguh menyegarkan. Menemukan novel ini di tumpukan buku yang belum terbaca. Mengawali bacaan dengan sedikit diingatkan bagaimana seorang Agatha Christie yang sangat piawai dalam profiling tokoh dalam setiap novelnya.

Ia bisa menjelaskan detail anggota tubuh, gestur, karakter tiap tokoh, dengan sangat akurat. Sehingga penggambaran dalam imaji nampak jelas. Bagaimana ia mendeskripsikan seorang Poirot sebagai seorang pria kecil, bermata hijau, dan kepala seperti telur. Hal yang sama banyak muncul dalam novel The Big Four ini.

Okey, saat membaca novel The Big Four ini saya mendapat banyak kejutan. Pertama dari sisi cerita. The Big Four ini bercerita tentang sebuah organisasi rahasia yang konon katanya dapat mengendalikan seisi dunia. Organisasi yang terdiri dari 4 orang dengan latar belakang yang berbeda beda. Ada si nomor 1 yang berkebangsaan Cina, si nomor 2 seorang warga negara Amerika Serikat, nomor 3 wanita berkebangsaan Perancis, dan yang keempat yang hingga akhir terus menjadi misteri bagi Poirot.

Jika biasanya Hercule Poirot hanya menangani 1 kasus untuk dipecahkan, kali ini Agatha Christie membuat sebuah kasus besar yang menjadi muara banyak kasus lain yang harus Poirot pecahkan. Kasus demi kasus yang muncul itu ternyata saling terkait dan lagi-lagi membawa Poirot dan sahabatnya Hastings kembali ke kasus besar mereka, Empat Besar.

Kejutan lainnya adalah kematian Poirot. Kaget kan? sama saya juga. Untuk kasus Empat Besar ini, Poirot dan Hastings melewati bulan-bulan melelahkan. Dan mereka benar-benar mempertaruhkan segalanya. Setelah upaya mengancam Hastings dengan menculik istrinya hingga membunuh Poirot. Siapa yang melakukannya?

Apakah kematian Poirot ini menandakan semua kasus The Big Four akan terkubur begitu saja? Apakah mereka lega karena musuhnya yang hanya lelaki kecil dari Belgia itu tidak akan mengganggu rencana besar mereka?

Kejutan lainnya menunggu untuk teman Nunna temukan.

Buat saya, novel ini seperti memaksa kita untuk terus berpikir bahkan hingga bab terakhir novel. Mencari jawaban dan pada akhirnya menerima kejutan dari penulis. Agatha Christie sepertinya ingin merangsang sel sel kelabu di otak kita terus bekerja. Ceritanya sangat intens dan tidak tertebak. Sehingga pembaca seperti harus mau tidak mau ikut saja dalam alur cerita penulis.

Meskipun beberapa kali saya gatal untuk berteori, langkah Poirot dan Hastings selanjutnya bagaimana. Itu lagi-lagi dipatahkan dengan kejutan plot dan cerita yang disuguhkan.

Untuk saya yang mulai kembali intens membaca buku terutama novel, The Big Four ini refreshing sekali. Buat kamu pecinta Agatha Christie atau yang belum baca novel satu ini, this is worth to read. Lumayan untuk menemani ngabuburead kalian. 

1 comment:

  1. Agatha Christie, gak asing pas udah ingat ternyata penulis favorit ini mah buku terjemahan best seller. Kalau The Big Four aku belum tahu, baru denger yang The Murder of Roger Ackroyd, karyanya ga pernah gagal memang luar biasa penggambaran tokohnya. Terima kasih reviewnya!

    ReplyDelete