Saturday, April 2, 2022

Lagi! Jalani Puasa Ramadhan Saat Pandemi. Sudah Siapkah?


Annyeong ☺️
Ketemu lagi kita. 

Heum hari ini sebagian teman teman sudah menjalankan puasa Ramadhan hari pertama kan? Bagaimana rasanya? 

Sudah 3 kali Ramadhan ya kita melewati bulan Ramadhan di masa pandemi karena Covid. Tahun ini katanya pemerintah akan mengubah status menjadi endemik. Yang artinya covid 19 sudah dianggap seperti penyakit lainnya. Jadi, mau gak mau harus siap hidup berdampingan dengan covid 19 atau varian apapun namanya.

Masih kagok atau bingung gak menjalankan Puasa Ramadhan di masa pandemi? Mungkin sekarang lebih longgar dari saat awal muncul ya. Sekarang ini sudah banyak masjid yang menyelanggarakan sholat tarawih. Beberapa restoran atau tempat makan lain juga sudah open reservasi untuk buka puasa bersama.

Tapi yakin beneran sudah siap? Nunna akan share beberapa poin yang masih wajib kita lakukan saat-saat ini agar menjaga diri tetap sehat. 

Tips Menjalani Puasa Ramadhan di masa-masa new normal.

Pertama, jaga protokol kesehatan. Ini wajib karena dengan taat melakukan protokol kesehatan, kita tidak hanya melindungi diri kita, tapi juga orang-orang yang kita temui. Jika diperlukan lakukan swab secara berkala jika memang intensitas bertemu dengan orang lain cukup tinggi. 

Kedua, tetap jaga kesehaan. Usahakan tetap lakukan olahraga. Tinggal pilih waktu yang nyaman untuk kita melakukan olahraga. Ada yang memilih sesaat sebelum buka puasa. Ada juga yang memilih malam setelah tarawih. Selain itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan air bagi tubuh. Lapar mata saat berbuka puasa boleh, tapi tetap dijaga pola makannnya. 

Ketiga, pastikan menggunakan alat ibadah milik sendiri. Jika hendak sholat tarawih ataupun perjalanan ke manapun, usahakan membawa alat ibadah sendiri. Sehingga kita bisa memastikan kebersihan sajadah, sarung, atau mukena yang kita gunakan.

Keempat, jika memang teman-teman lebih suka memasak sendiri untuk buka puasa atau sahur, saran Nunna pastikan supply bahan makanan cukup. Tidak hanya untuk sehari. Hal ini akan meminimalisir kemungkinan kita bolak balik ke pasar atau swalayan untuk membeli bahan makanan. Kalaupun terpaksa harus setiap hari belanja, kembali ke poin awal, pastikan tetap menjalankan prokes. 

Kelima, jika memang keadaan tubuh kurang fit, jangan paksakan berpuasa. Minum vitamin atau suplemen secara rutin. Yang terbiasa minum madu, boleh juga mengkonsumsi madu secara rutin. Jika tubuh kita sehat, InsyaAllah lebih maksimal lagi menjalankan ibadah.

Kurang lebih masih sama kan aturannya dengan 2x Ramadhan sebelumnya. Tinggal memaksimalkan prokes untuk diri sendiri saja saat di luar rumah. Karena sekarang kan lebih longgar kemana-mana. 

Jaga kesehatan ya untuk kita semua. Semoga ibadah puasa Ramadhan selama sebulan full ini lancar tanpa kendala. Aamiin

Sampai jumpa di post selanjutnya yaah

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment