Thursday, April 7, 2022

, ,

Buka Puasa dengan Kurma, Apa Sih Manfaatnya?


Annyeong Yorobuun

Sudah hari ke berapa puasa nih? Mandali? Hahaha Nunna baru tahu istilah Mandali dari teman artinya ternyata aman terkendali. Oh ya teman-teman masuk tim yang selalu stok kurma saat Ramadhan ga? 
Sebenarnya konsumsi kurma saat berbuka puasa, selain Sunnah Nabi, manfaatnya apa sih? Kita bahas sekarang yuk 

Naah setelah Nunna baca baca di jurnal kesehatan, artikel kesehatan, dan ulasan para pakar, kurma itu menyimpan banyak sekali kandungan baik di dalamnya. 
Kandungan nutrisi dalam kurma antara lain, hampir 70% dari kurma merupakan karbohidrat. Sisanya terdapat juga kandungan serat, protein, kalium, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, dan vitamin B6. Banyak banget kan kandungan nutrisinya.

Nah, Nabi Muhammad SAW menyunnahkan untuk berbuka dengan 3 butir kurma. Itu sebenarnya bukan tanpa maksud, Nabi mentauladankan hal tersebut kepada umatNya pasti punya dasar. Yang mungkin secara ilmiah baru dibuktikan secara ilmiah. Setelah puasa seharian penuh, orang pasti membutuhkan asupan makanan yang mengembalikan energi dengan cepat. Naah kurma bisa nih digunakan untuk booster. Asalkan tidak berlebihan. Maksimal 5 butir kurma saat berbuka puasa. Mengapa dibatasi sampai 5 butir, karena sama halnya dengan makan dan minuman yang manis secara berlebihan dapat mengakibatkan gula darah melonjak.

Lantas, apa sih manfaatnya mengonsumsi kurma saat bulan Puasa Ramadhan? Yook lanjit lagi kita bahas.

1. Sumber Energi
Seperti yang saya jelaskan di atas, salah satu cara mengembalikan energi setelah berpuasa seharian adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Nah, kurma ini dikenal sebagai bahan makanan yang kaya nutrisi.

2. Menjaga Imun Tubuh
Di dalam kurma, juga terdapat senyawa anti oksidan yang tinggi. Sehingga kita dapat terhindar dari peradangan dan imun tubuh pun terjaga. 

3. Pencernaan Jadi Lancar
Karena di dalam kurma juga terkandung serat, mengonsumsi kurma saat buka puasa juga dapat mencegah kita dari gangguan pencernaan. Selain itu, tingginya serat efek selanjutnya adalah kita lebih mudah kenyang. Konsumsi kurma saat berbuka sebelum makan besar, akan memberikan efek kenyang sehingga nafsu makan sedikit terkendali.

Naah, gimana masih ragu mengonsumsi kurma setiap hari untuk berbuka puasa?

Yook lah kaga kesehatan selama Ramadhan agar ibadah juga pol polan kita.

See you next time

Semoga bermanfaat


1 comment:

  1. Makan kurma saat berbuka ini salah satu sunah dari rasul yang ternyata banyak banget manfaatnya buat kesehatan apalagi saat puasa kayak gini.

    ReplyDelete