Tuesday, April 12, 2022

, ,

5 Tips Blogging Wajib Dicoba Untuk Blogger Pemula


 Annyeong Chinguyaa

Masih semangat kan hari ini? Nunna tuh jadi semangat lagi nulis blog setelah ikutan blog challenge ini. Meskipun sudah ngeblog cukup lama dari blog sebelumnya sampai yang ini, ketika memulai menulis lagi dari hiatus lama itu berasa harus memulai lagi dari nol. 

Dan, itu gak apa apa. Hitung hitung kita mulai menata ulang rumah kita kan. 

Okay, hari ini Nunna akan berbagi tips yang juga pasti banget Nunna praktekin untuk menghidupkan blog ini lagi. Jadi, yok berproses bareng Nunna kita praktekin tips tips berikut ini. 

Mengenali Target Audience atau Pembaca
Nah ini Nunna masih harus belajar bagaimana membangun audience dan pembaca serta mengenali mereka. Tulisan-tulisan Nunna di blog ini terbaca Teman Nunna atau gak aja Nunna masih belum bisa membacanya. Tapi, tetap harus dipelajari dan dimulai untuk lebih mengenal kalian Teman Nunna. Kenalan yuk 😉

Konsisten Post
Nah ini yang sekarang sedang Nunna ikhtiarkan. Mencoba konsisten menulis dan mengunggahnya ke blog. InsyaAllah dengan konsisten menulis, setiap tulisan Nunna nantinya akan menemukan jodoh pembacanya. 

Belajar SEO
Naaah untuk mendapatkan target audience atau pembaca yang tepat memang kita perlu belajar SEO. Selain juga pastinya membuat konten yang bagus. SEO ini seperti satu cara untuk lebih mendekatkan tulisan di blog kita dengan para pembacanya. Saat ini, tulisan-tulisan blog yang bagus disertai SEO yang kuat akan lebih mudah menjangkau banyak orang. 

Memilih Niche yang Kuat
Jujur, ini yang paling sulit Nunna lakukan. Gak di Instagram, gak di blog, Nunna bawaanya emang serandom itu. Karena banyak yang ingin dibahas, banyak yang ingin dibagikan. Jadi kesannya campur-campur nichenya. 
Padahal niche yang kuat dan fokus juga bisa memudahkan untuk membidik pembaca dengan tepat. Huhuhuu mari kita usahakan memilih niche yang paling Nunna ingin bagikan ke kalian. 

Fokus Pada Kualitas Konten
Nah ini, poin pentingnya agar tulisan kita bisa bertemu dengan jodoh pembacaya terletak di kualitas konten. Entah itu tulisan, grafis, tema, dll. Ada yang bilang lebih baik menulis sedikit tapi berkualitas daripada banyak tapi biasa-biasa saja. Kalau Nunna kok merasa kalau bisa menulis banyak konten yang berkualitas mengapa tidak? Cuma lagi lagi perlu fokus dan kerja lebih cerdas untuk menghasilkan konten yang berkualitas secara konsisten untuk pembaca.

Kelima tips di atas, saat ini benar-benar tengah Nunna pelajari dan coba praktekan. Ingin rasanya tulisan-tulisan di blog ini menyentuh banyak orang di luar sana. Gak usah muluk-muluk bisa memberikan inspirasi deh. Cukup dengan bisa dibaca secara reguler oleh Teman Nunna saja sudah sangat membahagiakan. 

Kalau kamu ada tips blogging yang pengen banget kamu praktekin ga? sharing di kolom komentar yaah.

Sampai bertemu di tulisan lainnya. 


 

1 comment:

  1. Nah, ini berguna banget nih buat yang baru belajar dan bingung harus main blog kayak gimana dan bingung langkah pertama apa yang harus ditempuh. Terima kasih materinya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete