Friday, April 15, 2022

, ,

Monetize Blog vs Santuy Blog, Kamu Pilih Mana?



Annyeong Teman Nunna, 

Huhuhu ini sudah masuk hari keberapa puasa coba? Ga berasa banget dah setengah jalan ya kita. Post Blog kali ini bakalan telat banget terbitnya, Dan kemungkinan bakalan scheduled post. Maafkaaan... Entah mengapa mood nulis jebol juga di tengah-tengah. 

Oke, kali ini kita ngobrol tentang monetize blog vs santuy blog. Honestly siapa sih yang ga pengen blog yang kita tulis bisa menghasilkan uang dari sumber manapun. Semua blogger pasti punya impian bahkan goals ke arah sana. Termasuk Nunna. Asik banget ngebayanginnya, kita nulis sesuatu kemudian bisa dapet duit atau privilege dari tulisan blog kita. 

Tapi, untuk sampai ke titik monetize blog memang kita sebagai blogger perlu melakukan banyak Hal untuk mengoptimasi blog yang kita miliki. Mulai dari kualitas konten, template blog yang user friendly dan SEO friendly, belajar SEO tentunya, Dan yang penting membuka koneksi dengan komunitas blogger beserta ekosistem bisnis di sekitarnya. 

Dan jujur, Nunna belum lagi sampai di tahapan itu. Masih memulai dari awal kembali untuk membangun konsistensi menulis blog. Juga masih mengusahakan memperbaiki kualitas konten.

Karena menurut yang Nunna pelajari content is a king, jadi mau bagaimanapun juga konten yang berkualitas masih jadi tolok ukur sebuah blog bisa dimonetize atau tidak. Dan membuat konten yang berkualitas tidak mudah, perlu riset dan meramu bahan tulisan menjadi sebuah tulisan yang menarik untuk dibaca.

InsyaAllah Nunna mau banget menuju titik itu. Blog ini bisa dimonetize Dan menghasilkan cuan. 

Tapi... it's a long journey. Perlu banyak jam terbang Dan proses memperbaiki kualitas konten yang Nunna buat. Dan selama berproses it, pengennya bisa lebih santuy dalam ngeblog. Santuy tapi terarah. Nahlooo gimana itu. 

Intinya gak dibikin itu menjadi beban. Tetap santuy sambil upgrade blog agar bisa dimonetize. 

Kalau kalian, Teman Nunna lebih milih Monetize Blog atau Santuy Blog? Tulis di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat.





1 comment:

  1. Monetize blog memang agak sulit, tapi keduanya bisa dilakukan. Ya, santuy ngeblog tapi juga monetize, kalau bisa konsisten sabilah kayaknya. Terlebih post di blog udah kayak self healing sendiri buat seorang blogger, mantep.

    ReplyDelete