Friday, April 1, 2022

Ramadhan di Depan Mata nih, Cek Checklist ini Yuk

Annyeong yorobuuun

Apa kabar teman-teman Nunna? Sehat? Semoga sehat ya. Akhirnya setelah sekian lama, InsyaAllah mulai lagi nulis di sini, melatih disiplin kembali meskipun ga mudah untuk akhir akhir ini.


Ga berasa ya, Ramadhan sudah di depan mata. Kamu sudah siap belom menyambut Ramadhan dan puasa hari pertama? 

Okeey, Nunna akan beri tips nih checklist buat kita menyiapkan diri agar bisa lancar puasa Ramadhan gak hanya di hari pertama. Tapi juga sepanjang 30 hari puasa. 

Yoook kita mulai checklistnya.

1. Mulai atur pola tidur dan makan
Ini penting sih, terutama menyiapkan tubuh agar tidak kaget dengan jadwal dan rutinitas baru. Jam tidur dan makan pasti berubah dan itu benar benar harus diatur. 
Jadi ga ada tuh alasan, kualitas hidup jadi menurun saat puasa Ramadhan. Jangan jadikan Ramadhan alasan kamu lemes lemesan ya bestie. 

2. Latihan puasa di luar bulan Ramadhan
Nah ini yang juga Nunna lakukan. Merutinkan puasa di luar bulan Ramadhan. Agar tubuh ini terbiasa untuk rutinitas puasa. Bisa dengan puasa senin kamis atau puasa sunnah lainnya. Atau yang tidak terbiasa puasa, bisa ambil waktu beberapa minggu sebelum Ramadhan untuk mulai puasa membayar hutang puasa sebelumnya. Ini untuk yang perempuan yah.
Kalau tubuh terbiasa dengan pola hidup puasa, ga bakal kaget lagi waktu puasa Ramadhan.

3. Meal Preparation selama Ramadhan
Siapa coba yang suka buat meal prep? Naah agar selama Ramadhan gak ribet dan bingung mau masak dan makan apa untuk buka puasa atau sahur, teman-teman bisa mulai melakukan meal preparation. Untuk tips meal preparation akan Nunna bagikan di unggahan blog lain yah. 
Kalau kita buat meal planning, kaya lebih gak rungsing gitu bawaanya selama Ramadhan. Kita juga bisa memperkirakan budget belanja selama sebulan. Kalau bingung buat meal plan selama sebulan, bisa dibagi per pekan. Jadi belanjanya untuk meal preparation juga mingguan. 

4. Perbanyak minum air putih
Ini part yang paling penting kalau buat saya. Saya tuh bisa banget nahan lapar. Tapi kalau haus 🙈🙈 Salah satu tantangan selama berpuasa itu memang bagaimana tubuh bisa terhidrasi maksimal. Membiasakan minum air putih dari sebelum memulai puasa Ramadhan itu ngebantu banget loh. Pas buka puasa atau sahur juga saya lebih milih minum air putih aja dibanding teh atau minuman manis lainnya. Tinggal diatur aja, biasanya sehari minum berapa liter. Nah itu dibagi dari waktu buka puasa sampai sahur.

5. Atur planning untuk tambah ilmu selama Ramadhan
Ini penting! Karena Ramadhan adalah waktunya kita berlomba lomba beribadah dan memperbaiki diri. Inilah saatnya untuk menambah ilmu. Kalau kata saya, buat planning dari awal. Jangan lakukan di sisa waktu, tapi wajib alokasikan waktu. Misal, mau ikut kajian di mana, berapa kali seminggu, atau belajar tahsin, belajar tafsir Al Quran, disiplin melakukan ODOJ, dll. Intinya kita harus mengalokasikan waktu untuk upgrade diri. 
Ini bukan untuk sok sokan di hadapan orang. Tapi, untuk merayu Allah SWT, mendekat padaNya, yang mungkin selama 11 bulan lain kita lalai melakukan.

Itu saja dulu deh yaah. Semoga bermanfaat tipsnya untuk menyambut puasa pertama di bulan Ramadhan dan tentunya sepanjang Ramadhan juga. InsyaAllah kita bertemu di blogpost selanjutnya. Doakan Nunna bisa konsisten yaah 🙈 

See you at next post.


1 comment:

  1. Nah bener banget nih harus mulai ditata ini pola kehidupan sehari-harinya. Sering banget melakukan pola kesehariaan yang salah karena kebiasaan buruk,jadi harus diubah mulai sekarang, nih.

    ReplyDelete