Saturday, April 9, 2022

Lakukan 5 Kegiatan Ini InsyaAllah Ramadhanmu Makin Berkah

 


Annyeong chingu

Yeey kita ketemu lagi, sudah berapa hari nih kita puasa? Masih mati ide gak tahu bikin kegiatan apa selama Ramadhan ini? Yookk kita ngobrol tentang kegiatan apa saja sih yang bisa bikin Ramadhan kita jauh lebih bermanfaat dan berkah. Beeuuh cakep ga tuh. 

Kenapa sih kita harus mikir untuk menciptakan kegiatan yang tidak hanya mengisi waktu Ramadhan, tetapi juga bermanfaat dan berkah. Ya, karena ini Ramadhan. Saatnya kita untuk berlomba lomba untuk melakukan hal baik tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga untuk banyak orang. Sepakat? Yook kita bahas satu satu. 

Giatkan Sedekah Subuh

Sudah sering dengar tentang sedekah subuh kan? Naah kita bisa mulai lagi giatkan sedekah subuh nih. Ada dua cara yang bisa dipilih, tiap subuh uang sedekahnya dimasukin dulu ke celengan dan dikumpulkan sampai satu waktu baru dibagikan kepada yang membutuhkan. Atau langsung tuh, bisa lakukan sedekah subuh selepas sholat. Berikan ke orang-orang yang kita temui di jalan dan membutuhkan setelah pulang dari masjid untuk sholat subuh. Coba deh barengan kita praktekin. 

Berbagi Makanan Sahur

Kita tuh seringan lihat orang berbagi saat buka puasa kan ya. Tapi jarang gak sih lihat orang berbagi makanan saat sahur. Kalau dipikir-pikir, mungkin kan banyak orang yang puasa tapi melewatkan sahur. Entah karena warung warung masih pada tutup atau memang ga ada uang buat beli makanan sahur. Ini waktu yang tepat untuk kita buat sahur on the road. 

Buka Bersama dengan Mereka yang Membutuhkan

Naah ini bisa nih kita lakukan. Bisa ajak orang orang yang membutuhkan untuk makan bareng atau bisa juga kita bagikan makanan ke mereka. Mana aja InsyaAllah gak masalah. Karena percaya deh, masih banyak di luar sana orang-orang yang mungkin tetap puasa tapi berbuka puasanya dengan makanan yang ala kadarnya. 

Meluangkan Waktu untuk Keluarga 

Eits ini tetap wajib loh dilakukan. Jangan sampai kita sibuk melakukan kegiatan sosial di luar rumah hingga kehilangan waktu bersama keluarga. Bayangin gimana sedihnya ibu yang sudah masak untuk kita buka puasa atau sahur tapi kitanya malah lebih sering di luar. Membahagiakan orang tua dan keluarga itu sebenarnya sederhana sih menurut Nunna, memberikan waktu dan perhatian saat bersama mereka. InsyaAllah kalau orang tua bahagia, doa mereka akan mengalir pada kita dan menjadi berkah. 

Memakmurkan Masjid

Ini yang paling banyak kita temui saat Ramadhan. Masjid jadi sering penuh dengan jamaah. Meskipun selama pandemik sempat ada pelarangan dan pembatasan. Alhamdulillah tahun ini sudah makin leluasa ibadah di Masjid. Jadi, saatnya meramaikan masjid dengan kegiatan kegiatan positif bersama-sama. 

Naah gimana, di antara lima kegiatan di atas mana yang sudah selalu dilakukan sama teman-teman? Semoga hal-hal baik yang dilakukan selama bulan Ramadhan bisa dilanjutkan bahkan setelah Ramadhan berakhir. 

Semoga tulisan ini bermanfaat ya. 
Sampai bertemu di post selanjutnya. 


3 comments:

  1. Di bulan suci ramadan ini memang ladangnya berkah, kesempatan terbaik buat kita berlomba-lomba menabur kebaikan. Mantep ini bisa dijadikan inspirasi kegiatan di bulan Ramadan, agar ramadan lebih berkah. Terima kasih!

    ReplyDelete
  2. Suasana-suasana kayak gini sih yang paling dirindukan saat ramadan apalagi bukber kayak mengembalikan tali silatuhrahmi sama temen-temen yang dulunya sibuk.

    ReplyDelete