Tuesday, March 12, 2024

,

Tips Berpuasa Ramadhan dengan Aman Nyaman bagi Penderita GERD

 

Tips Berpuasa Ramadhan Bagi Penderita GERD

Hai Teman Nunna,

Sudah mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan kan yah. Pasti list ibadah wajib dan sunnah siap checklistnya, sudah juga nyiapin daftar menu buka dan sahur kan ya, atau bahkan sudah ngantri nih undangan buka bersamanya. Hehehe semoga apapun yang sudah teman Nunna siapkan, semakin memudahkan dan menambah semangat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Oh ya, ada gak Teman Nunna yang punya GERD seperti Nunna? Kalau yang biasa puasa sunnah di luar bulan Ramadhan mah udah biasa cara ngatasinya ya. Tapi buat teman-teman yang hanya puasa saat bulan Ramadhan, memiliki sakit GERD itu punya tantangan sendiri ya. Bener gak? Nah Nunna ada tips nih untuk teman teman yang punya sakit GERD bisa puasa Ramadhan dengan aman dan nyaman.

Tips-tipsnya boleh disimak dulu yuk berikut ini.
Tidak Melewatkan Sahur dan Menunda Waktu Berbuka

Buat kamu yang menderita sakit GERD, usahakan untuk tidak melewatkan sahur dan tidak menunda waktu berbuka puasa. Keteraturan jam makan adalah kunci kalau menurut Nunna. Di awal-awal, akan membantu organ pencernaan kita beradaptasi dengan pola makan baru. Selain sebagai sumber energi, sahur juga mencegah naiknya asam lambung. Saat buka puasa pun, segerakan berbuka, selain karena Sunnah, menyegerakan berbuka puasa dapat juga mencegah naiknya asam lambung. Jadi jaga keteraturan jam makan yah.

Hindari Makanan dan Minuman Pemicu

Ini penting banget, bagi penderita GERD sudah punya kan ya pakem makanan dan minuman yang bisa menjadi pemicu kambuh. Nah itu boleh benar-benar dihindari. Selain itu, pilih makanan yang mengandung protein dan serat tinggi. Terutama saat sahur, makanan dengan tinggi protein akan dicerna lebih lama oleh tubuh. Hal ini bisa meredam naiknya asam lambung.

Makan dengan Porsi Kecil dan Makan Secara Perlahan

Ini juga salah satu tips yang berhasil Nunna buktikan. Kadang, saat sahur dan buka puasa itu kita kalap saat makan. Apa saja yang diinginkan dan di depan mata bisa dimakan. Coba deh, makan dengan porsi kecil dan kunyah secar perlahan. Lambung membutuhkan waktu untuk mencerna, makan dengan porsi kecil dan dikunyah perlahan akan membantu kerja lambung tidak terlalu keras. Ini juga mencegah naiknya asam lambung dengan cepat.

Beri Jeda Antara Makan dan Tidur

Ini tips terakhir yang sangat membantu Nunna. Beri jeda setelah makan sebelum kamu tidur. Paling tidak 3 jam setelah makan, baru kita bisa makan. Kalau setelah buka puasa, aman kan ya ambil jeda 3 jam setelah makan baru kita bisa tidur. Nah kalau sahur, biasanya Nunna ga lanjut tidur lagi setelah makan sahur. Jadi lanjut aktifitas hingga pagi. Tidur terlalu cepat setelah makan akan membuat asam lambung kita naik dan perut jadi tidak nyaman.

---

Teman teman yang tidak menderita GERD juga bisa mencoba tips di atas. Paling tidak, kita bisa hidup lebih sehat dan membantu meringankan kerja lambung dan organ pencernaan lain. Kalau ada tips lain boleh loh dishare di kolom komentar. 

Semoga bermanfaat yaa 

Saranghae, Nunna. 




0 comments:

Post a Comment