Friday, March 29, 2024

Tabuhan Penyelamat Sahur


Berasa gak sih, kalo awal-awal puasa Ramadhan, kita tuh masih semangat banget bangun sahur lebih awal. Tapi kalo sudah pertengahan sudah agak malas-malasan. Hal yang sama dirasakan oleh Danti. Ia yang tinggal di kamar kontrakan 3 petak di daerah padat penduduk di Jakarta, merasakan penurunan semangat sahur.

Seperti malam itu, ia pulang kerja lembur sampai di kontrakan jam 10 malam. Badannya remuk redam, ingin sekali langsung membuang tubuhnya ke kasur. Tapi mengingat badannya yang lengket karena keringat dan juga rambutnya yang lepek. Danti menguatkan tubuhnya untuk masuk kamar mandi dulu. Air dingin yang keluar dari shower membasahi dan menyegarkan tubuhnya. Sayangnya rasa kantuk dan pegalnya belum juga hilang. 

Setelah mandi, mengganti baju dan mengeringkan rambutnya, Danti pun mengecek alarm jamnya. Oke sudah, ia memasang 1 jam sebelum imsak. Dan iapun lanjut tidur.

***

Sahuuur... Sahuuur... Banguuun Sahuuur.. Sahuurr

Teriakan anak remaja di kampungnya yang lewat depan kontrakannya terdengar nyaring bertalu-talu. Danti seketika terbangun dari tidurnya. Ia panik dan melihat jam di meja kamarnya. "Astaghfirullah kurang 15 menit lagi imsak," Danti seketika menuju dapur dan menyiapkan sahur ala kadarnya. Ini kali pertama di Ramadhan kali ini, ia terbangun mepet waktu sahur dan imsak. Akhirnya kali itu ia membuat menu makan sahur yang simple. Mi instant dan telor ceplok. Tak lupa minum suplemen vitamin D dan C yang ia minum setiap hari. 

"Alhamdulillah ada tabuhan dari akamsi tadi, jadi aku terbangun meskipun terlambat. Masih sempat sahur walaupun mepet banget waktunya," ucap Danti. 

Keesokan harinya, saat ia libur kerja. Danti menyiapkan paket makan buka puasa untuk anak anak remaja masjid di kampungnya. Sebagai ucapan syukurnya karena mereka menyelamatkan Danti dari terlewat waktu sahur. 

Untung saja di daerah kontrakan Danti, anak remaja masjidnya masih aktif. Padahal banyak daerah di Jakarta yang sudah tak lagi melakukan tradisi tabuhan saat sahur. Anak remajanya lebih sibuk tawuran atau tidak aktif di kegiatan masjid.


#RWCODOPDay13

#RWCODOP2024

#OneDayOnePost

#RamadanWritingChallenge2024

0 comments:

Post a Comment