Friday, March 15, 2024

Evaluasi; Saat Jeda untuk Melangkah Lebih Jauh


"Without proper self-evaluation , failure is inevitable" - John Wooden 

Pernah merasa bingung dengan tujuan hidup? Melakukan semua hal hanya karena rutinitas hidup saja, pernah? Atau, pernah ga merasa kok kita ga sampai sampai yah ke goals yang kita tuju. Terasa jalannya berputar putar atau makin rumit. Kalau jawabannya iya, maka sepertinya kita memerlukan evaluasi diri atau hidup kita. 

Di era sekarang, banyak sekali kita temukan hal yang bisa mendistraksi kita dari tujuan hidup atau goals yang kita tetapkan. Itu yang mungkin bisa membuat kita stuck dan tidak mencapai goals yang kita inginkan. 

Lantas, apakah perlu evaluasi diri? 

Evaluasi diri itu salah satu bentuk self awareness. Ini merupakan kemampuan diri kita untuk melalukan proses refleksi dan instropeksi. Melakukan evaluasi diri juga dianggap menempatkan diri secara objektif dalam menilai perjalanan hidup bahkan pencapaian diri. Jadi jika ditanya, perlu atau tidak, jawabannya tentu perlu. 

Dengan melakukan evaluasi diri, kita bisa secara objektif melihat kekurangan dan kelebihan diri, kesalahan yang mungkin telah dilakukan, meningkatkan potensi diri, dan pada akhirnya kita bisa memetakan secara jelas arah dan tujuan hidup kita. 

Salah satu cara melakukan evaluasi diri yang paling mudah dilakukan adalah journaling. Menulis jurnal setiap hari sangat membantu dalam proses evaluasi diri. Karena, dengan journaling kita bisa menuliskan rencana atau target harian, tantangan atau kesulitan, dan pencapaian hari itu. 

Evaluasi diri itu ibarat jeda sejenak untuk menyiapkan diri agar bisa melangkah lebih jauh. Jika kita lengah enggan melakukan evaluasi diri, mungkin saja hidup kita berjalan saja sebagaimana mestinya. Hanya saja, impactnya akan tidak maksimal kita rasakan. Hidup seakan kita hanya sekedar hidup. 

Semoga bermanfaat

Saranghae, Nunna


#RWCODOPDay4

#RWCODOP2024

#OneDayOnePost

#RamadanWritingChallenge2024

0 comments:

Post a Comment