Thursday, March 14, 2024

, ,

Menu Sahur Praktis ala Anak Kost


Heiihooo Teman Nunna,
Wahai kaum rantau, anak kost, mari kumpul. Nunna tahu bagaimana rasa serunya melewati hari hari puasa di bulan Ramadhan sebagai anak rantau. Sebagai anak rantau, kita pasti juga rindu makanan berbuka puasa atau sahur ala rumahan seperti yang dimasak orang tua. Tapi, tentu saja banyak pertimbangan kan untuk mengusahakannya. 
Kita pada akhirnya lebih memilih menu menu praktis yang cepat proses memasaknya dan minim effort tapi tetap enak. Kalian juga kan? Atau Nunna aja yang merasakannya? Hehehe okelah anggap aja kita sama yaah. Yang lebih urgent sih saat sahur ya, kalo saat buka puasa kita masih terbantu dengan banyaknya penjual makanan di jalan. Tapi saat sahur, mau tidak mau harus memasak sendiri di kost kan? 
Ada beberapa masakan atau bahan makanan andalan Nunna yang selalu ada untuk sahur selama bulan Ramadhan. Diputar putar saja menunya dan buat olahan berbeda selama sebulan. Biar ga bosen aja hehehe. Apa aja sih yang Nunna siapkan untuk sahur ala anak kost selama bulan puasa Ramadhan? Simak lebih lanjut yaah.
Roti dan Cereal, meskipun bukan opsi utama tiap sahur, tapi keduanya selalu ada untuk masa masa darurat. Kalau udah beneran udah males masak buat sahur, jalan ninja Nunna adalah makan roti atau cereal.
Abon dan bawang goreng, ini wajib ada. Dimakan dengan nasi hangat saja sudah nikmat. Meskipun tidak bergizi lengkap, cukuplah untuk mengisi lambung saat sahur. Terlebih praktis dan awet kan, tidak perlu penyimpanan khusus.
Telur, ini senjata andalan. Banyak menu bisa tercipta dari telur. Sekedar diceplok atau dadar saja sudah nikmat. Apalagi dengan sedikit niat mengolah lebih rumit, misal omelet, orak arik telor dengan kornet, atau dibuat mie telor. Kita bebas berkreasi dengan telur.
Tumis tumisan dan Oseng, ini jenis masakan yang paling sering Nunna masak saat sahur. Mau tumis sayur, oseng tempe, oseng ikan, dll. Jadi stok sayur basic seperti kangkung, toge, sawi, kol, serta tempe dan tahu selalu ada. Plus dengan bawang merah dan bawang putih serta cabe. 
Nasi Goreng dan Mie Goreng, ini juga jadi andalan. Mau mie goreng instan atau yang lebih rumit. Nasi goreng dengan bumbu olahan sendiri atau yang instan. Keduanya sesekali juga mewarnai saat sahur Nunna.
Apalagi yah? Kayanya itu dulu deh. Kalau teman Nunna ada ide lain, boleh loh infoin dan rekomen di kolom komentar. Mana tahu bisa jadi inspirasi Nunna buat menu sahur.
Semoga bermanfaat yaaah. Selamat menjalankan ibadah puasa semuanya.

0 comments:

Post a Comment