Monday, December 10, 2018

,

Memasak Pelepas Stress Paling Ampuh


Annyeong Haseyo Yourobuun…

Ngobrol ringan yuk gengs hehehe… Kalau kalian disuruh milih pekerjaan rumah apa yang paling kalian sukai jawabannya apa? Cuci baju, setrika, bebersih rumah? Kalau neng dulunya sih random yah karena gak bener-bener ada yang disukai dari pekerjaan rumah wkwkwkw… Tapi setelah permenungan dalam, evaluasi, eliminasi, dan akhirnya diambillah sebuah keputusan besar. Apaan cobaaa hahahah segala milih pekerjaan rumah ajah ribet kan.

Secara gak sadar ternyata ada satu pekerjaan rumah yang paling neng suka. Memasak. Kaget yah? Neng juga kaget wkwkwk… baru nyadar kalau memasak jadi satu satunya pekerjaan rumah yang neng bisa ngerjainnya tanpa ngomel dan menggerutu. Ada gak di antara pembaca neng yang suka ngerjain kerjaan rumah sambil manyun dan ngomel plus mengeluh? Cuuung hahhaha… Dari semua pekerjaan rumah yang paling neng sebel cuci piring. Xixixi ga tahu kenapa agak males gitu kalo udah urusan ama cuci piring.

Tapi kalau memasak? Neng baru sadar kalo pas lagi sedih, banyak pikiran, atau emosi trus neng masuk dapur semuanya jadi hilang. Bawaannya bahagia ajah udah kalo waktu neng masuk dapur. Cek bahan baku apa ajah yang ada di lemari es, cek bumbu masakan cabe, bawang merah, bawang putih, rempah-rempah, dan lain lain. Kadang idenya muncul tiba-tiba saat melihat isi di dalam lemari es.

Iya neng sukanya masak, kalau baking atau bikin kue juga bisa sih. Cuma karena neng mikirnya lebih butuh waktu lama dan persiapannya agak ribet karena bahan bakunya yang harus disiapin khusus, jadinya neng lebih suka memasak. Meskipun masakan neng gak yang enak banget dan gak jago jago banget masaknya. Tapi memasak itu buat neng kaya pelepasan stres yang paling bener dah.

Saat sudah menentukan mau masak apa, terus mulai masuk dapur untuk preparation bahan bahan. Semua aura negatif di kepala dan hati seketika hilang. Apalagi saat kompor sudah menyala, spatula di tangan, dan bahan-bahan semua siap untuk diolah, adrenalin mengubah rasa sedih, amarah, bad mood hilang menjadi rasa bahagia dan semangat. Aroma masakan yang menguar dari atas kompor dan asap yang mulai sedap diciumnya semakin membuat hati ini berbunga-bunga.

Soal rasa? Jangan tanyakan soal rasa dulu. Kadang eksperimen masak ini berhasil kadang juga ga. Kadang bisa jadi masakan yang enak banget kadang juga rasanya gak banget wkwkwkw…. Kalo rasanya enak ada perasaan tambahan yang muncul yaitu rasa bangga. Tapi kalo rasanya gak enak yah udah sih biasa ajah hahaha… Tetep dimakan juga.

Selepas masak, pikiran yang tadinya ruwet banget bisa sedikit terurai jadi bisa berpikir secara jernih. Dan itu sangaaat berarti banget buat neng. Dan itu semua baru neng sadari beberapa waktu terakhir. Mungkin tidak hanya memasak yah yang bisa menghilangkan stress, tapi kalau kita melakukan kegiatan yang kita sukai sebagai hobi bisa juga membantu menghilangkan stress. Kalau neng, ternyata I love cooking so much. Jadi stress langsung hilang saat memasak.

Kalau kalian gimana? Ada pekerjaan rumah yang paling kalian sukai?

Share yuk…  


5 comments:

  1. Wah Mbaknya suka banget masak nih ya. Sama nih saya juga hehe

    ReplyDelete
  2. Wah memang memasak itu bisa jadi menjadi salah satu moodboster ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Wah ini pasti enak banget nih masakannya. Mau dong nyicipi hehe

    ReplyDelete
  4. Kalau saya sendiri sih nggak terlalu suka masak Mbak hehe

    ReplyDelete
  5. Memang cara melepas stress ini berbeda-beda ya. Ada yang dengan memasak dan masih banyak lagi

    ReplyDelete