Sunday, December 9, 2018

,

Libur Enaknya Ngapain Yah...



Liburan Tapi Minim Budget, Enaknya Ngapain yah?

Annyeong Haseyo Gengs….

Liburan di depan mata euy sudah ada rencana ke mana atau mau ngapain nih? Ada beberapa tips sih buat menentukan destinasi wisata atau mau ngapain aja kita selama liburan. Sebelum bahas panjang lebar, yang terpenting dan utama adalah budget. Wkwkwk iyelah budget karena ini dapat menjadi pertimbangan kita mau menghabiskan liburan seperti apa. Kalau kita ada budget lebih maka mungkin kita bisa mempertimbangkan banyak hal. Misal, pergi ke luar kota atau luar negeri, staycation di hotel dalam kota, wisata mall bisa belanja, makan, nonton, ke salon dll yang semuanya bisa dilakukan di mall, dan masih banyak hal lainnya yang bisa kita lakukan di luar rumah.

Nah pertanyaanya sekarang bagaimana jika budget kita minim? Ya adalah dana di tabungan tapi akan kurang bijak jika kita gunakan untuk liburan. Tapi ini kan lagi musim liburan, harus gimana dong? Mau ajak anak-anak liburan ke mana kalau buat teman teman yang minim budget? Atau buat yang jomblo harus ngapain nih menghabiskan masa liburan?

Barangkali cara neng di bawah ini bisa memberikan inspirasi buat kalian ya gengs.

Menata Ulang Rumah
Nah salah satu yang bisa kita lakukan untuk mengisi liburan adalah menata ulang interior rumah. Aduh ribet neng masa iya liburan malah bebersih rumah dan nata ulang rumah. Eits… jangan keburu sedih sayang, menata ulang yang neng maksud bisa disesuaikan dengan lay out interior rumah yang ada sekarang. Coba cek berkeliling lihat rumah kita masing-masing, ada yang perlu mendapat sentuhan baru ga?

Kalau versi neng, menata ulang rumah sesimpel mengubah tata letak interior, mengganti warna cat dinding, atau menata ulang dan menambah pernik-pernik kecil di rumah. Nah biasanya neng cari tuh koleksi pernik yang ada di rumah, cari dari sudut rumah yang lain, atau mungkin yang selama ini masih disimpan saja karena gak cocok ama layout desain interior yang ada. Nah, dengan menata ulang rumah ini kita juga bisa dijadikan momen untuk sortir barang-barang yang mungkin sudah tidak ingin kita gunakan lagi.

Buat apa kita sortir barang-barang? Cek poin setelah ini yah.   
  
Garage Sale
Nah, poin ini akan sangat terkait ama poin pertama di atas yah gengs. Sudah pernah dengar tentang garage sale kan? Yup kegiatan menjual barang barang bekas layak pakai yang biasanya dilakukan di halaman rumah atau garasi. Nah, dari hasil sortir barang saat menata ulang rumah kita bisa tuh manfaatkan barang-barang layak pakai untuk dijual di garage sale. Apa saja yang bisa dijual? Banyak, bisa baju, furniture, alat elektronik, pernik-pernik, dan masih banyak lagi. Tergantung apa yang kita temukan saat melakukan sortir barang. Pastikan semua barang yang dijual di garage sale masih layak pakai yah gengs. Untuk tips melakukan garage sale akan neng bahas di blog post selanjutnya yah.

Mengerjakan Project Bersama Anak-Anak
Buat kalian yang sudah punya anak, momen liburan pasti jadi hal yang paling ditunggu yah. Tapi jadi agak kepikiran kalau misalnya kita gak ada budget lebih untuk liburan. Bingung kaaan… Tapi sebagai orang tua kita gak ingin dong membiarkan liburan anak-anak berlalu tanpa kegiatan yang memorable. Salah satu cara yang bisa kita lakukan saat liburan bersama anak-anak adalah mengerjakan project. Project apa? Sederhana saja. Misal, kalau anak perempuan bisa dengan belajar membuat kue, membuat boneka, atau hal hal hobi lainnya. Atau untuk anak laki-laki bisa dengan bersama sama membuat mainan dari kayu, mengerjakan project lego, atau apapun boys things. Intinya, mengajak mereka untuk belajar sesuatu yang baru dengan cara menyenangkan saat liburan. Dan project itu harus menghasilkan satu produk yang bisa diingat selamanya.   

Mengunjungi Tempat Wisata Alternatif
Liburan gak harus ke luar kota atau luar negeri kan. Bisa dengan cara berkeliling di dalam kota. Tapi bosen juga kan kalau cuma mengunjungi mall atau wahana wisata yang itu itu saja. Ada beberapa wisata alternatif yang bisa kita lakukan saat liburan. Kalau di Surabaya ada wisata alternatif dengan bus Surabaya Heritage Track. Ada rute yang biasanya dilalui oleh bus cantik warna merah ini. Kita bisa mendaftar untuk mengikuti wisata Explore Surabaya ini dengan mendaftar di House of Sampoerna. Masih kurang kalau cuma keliling kota? Kalau di Surabaya atau kota besar lainnya sekarang ini banyak kan dipercantik dengan taman-taman kota. Kita bisa mengeksplorasi taman-taman itu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan. Seperti main rollerblade dan main layang-layang untuk anak-anak atau sekedar bermain main dengan keluarga menghabiskan waktu bersama.

Semua cara di atas bisa dilakukan untuk menghabiskan masa liburan kita. Buat kita yang jomblo bisa juga loh menghabiskan waktu liburan dengan menonton film secara streaming atau marathon nonton drama Korea di rumah. Atau bisa juga melakukan self treatment di rumah. Melakukan perawatan tubuh sendiri di rumah. Bisa hairspa, maskeran, luluran, mewarnai rambut, dan masih banyak hal lainnya.

Intinya jangan sampai waktu liburan kita terbuang percuma. Bisa sih tiduran aja di rumah. Cuma akan lebih menyenangkan kalau kita melakukan kegiatan yang menyenangkan kan gengs. Semoga tulisan ini menginspirasi teman teman yah. See you at the next blog post.    



   

0 comments:

Post a Comment