Sunday, December 30, 2018

Kangen Papa, 5 Hal Istimewa yang Papa Miliki



Annyeong yourobuuun

Sudah enam bulan sejak kepergian Papa, tapi setiap lihat foto almarhum Papa di dinding selalu ada perasaan kangen dan “deg” di dada. Kangen banget sama Papa, meskipun itu cuma omelan yang dulu malas banget neng dengerin. Memang penyesalan selalu hadir belakangan, bahkan arti dari seseorang jauh lebih terasa saat Ia pergi.

Tapi, kali ini neng gak mau sesedihan waktu cerita tentang Papa. Neng mau cerita ke teman-teman apa saja yang membuat Papa jadi laki-laki teristimewa di hidup neng. Semoga cerita neng ini bermanfaat bagi teman-teman yah. Yuk kita kemon simak apa aja keistimewaan almarhum Papa di mata neng. Tahan neng jangan nangis jangan nangis.

Papa Orang Pertama yang Buat Neng Hobi Baca
Dulu waktu neng kecil, Papa selalu beliin neng majalah anak-anak. Kadang majalah Bobo, majalah Mentari, atau banyak buku bacaan lainnya. Neng memang relatif cepat membaca pada masa itu. Waktu TK sudah bisa lancar membaca, jadi Papa saat itu berinisiatif membelikan buku bacaan atau majalah.
Sejak itulah neng jadi hobi banget membaca. Hampir tiap tiga kali seminggu Papa selalu pulang bawa majalah atau buku. Kalau Papa pulang sambil nunjukin majalah atau buku neng langsung senang kegirangan. Langsung deh waktu itu neng baca sampai habis. Gak nunggu besok besok. Bisa tuh seminggu itu majalah yang papa beliin neng baca berkali kali sampai dapat majalah atau buku lainnya.   

Papa yang Buat Neng Suka Dengerin Musik
Jadi ceritanya papa kalau di rumah itu dari dulu seneng banget dengerin radio yang entah lagi mutar sandiwara atau musik. Nah selain itu kalo neng tidur sama papa kalau gak papa nyanyiin lagu lagu daerah, lagu nasional, ya itu dengerin neng musik dari radio atau kaset. Dan itu hampir setiap hari. Jadi di usia neng kecil sudah tahu tuh lagu anak anak atau yang pop dewasa.
Akhirnya jadi kebiasaan deh, sejak itu musik jadi teman sehari-hari neng. Kalau malam tidak bisa tidur putar musik langsung tidur. Kalau lagi sedih putar musik kemudian agak tenang. Kalau sedang belajar juga harus ada musik yang didengerin, baru itu materi bisa masuk.   

Papa Bisa Banyak Bahasa
Satu lagi yang bikin neng kagum banget sama Papa. Papa itu bisa semua bahasa daerah. Dari ujung barat sampai ujung timur, bahkan bahasa Cina. Mungkin karena pengalaman beliau waktu jadi ABK kapal yang keliling Indonesia dan dunia ya. Selain itu, setelah turun gak jadi ABK lagi papa kerja di pelabuhan yang orang dari segala suku ada. Termasuk kenal dengan teman bosnya Papa atau kenalan papa lainnya yang keturunan Cina.
Jadi kalau papa ketemu orang bisa aja gitu ngobrol dengan bahasa daerah mereka. Sampai pernah neng disuruh Papa bikin buku catatan kecil isinya kosakata bahasa cina yang ditulis pakai tulisan latin. Waktu neng tanya buat apa, beliau bilang temannya di pelabuhan ada yang pengen belajar bahasa cina sama papa. Dengar itu neng amaze banget dan jadi terpacu untuk belajar banyak bahasa juga. Tapi apalah daya, susah banget neng belajar bahasa tuh. Jangankan bahasa Inggris, bahasa daerah saja neng banyak gak paham.  

Papa Jago Masak
Nah ini salah satu alasan Papa menjadi sangat istimewa di mata neng. Papa itu jago banget masak. Jadi sepanjang neng hidup, neng beruntung banget punya orang tua yang dua duanya jago masak. Almarhum Papa sebelum sakit strokenya sering banget nerima pesanan masakan dari kantor kantor kenalan Papa untuk makan siang atau bahkan untuk di rumah mereka.
Masakan yang paling sering Papa masak itu makanan dari Lombok seperti plecing kangkung, ayam suwir pedas, ikan tongkol suwir, atau rendang buatan mama. Kalau sudah demikian, di rumah nantinya Papa bagian racik bumbu, mama yang siapin lainnya. Neng kadang kebagian tugas suwirin ayam, kangkung, atau ikan tongkol. Dan masakan dengan bumbu racikan papa selaluuu enak.
Oh ya neng pernah loh bagikan resep andalan almarhum Papa. Sila deh dibaca dan dipraktekan.


Papa yang Tidak Pernah Menyerah pada Neng
Dan hal terakhir yang membuat almarhum Papa begitu istimewa dan berharga di mata neng adalah Papa adalah salah satu orang selain Mama yang tidak pernah menyerah menghadapi neng. Begitu banyak kesusahan yang neng alami, masalah yang harus dihadapi, dan semua hal yang membuat neng berulang kali terpuruk. Papa selalu ada untuk meraih tangan neng dan menopang neng untuk bangkit lagi.
Satu hal yang akan neng sesali seumur hidup adalah neng belum sempat membahagiakan beliau sepanjang hidup Papa. Ia yang tak pernah menyerah pada Neng akhirnya harus menyerah pada Sang Maha Hidup. Dan yang neng lakukan sekarang adalah juga tidak akan menyerah pada hidup ini. Neng akan terus berjuang demi Mama dan membuat almarhum Papa semakin tenang di Sana.

Semoga apa yang neng tulis ini bermanfaat.

Jangan lupa bahagia.




0 comments:

Post a Comment