Tuesday, December 11, 2018

, , ,

Mau Jadi Fulltime Blogger, Yakin?



Annyeong Haseyo Yeorobun…

Teman teman ada yang punya hobby nulis? Nulis apa, fiksi atau non fiksi? Kalau neng dari kecil suka banget nulis cerpen dan puisi. Sejak SMP neng inget banget sudah mulai nulis cerpen di buku tulis. Hobby nulis ini muncul karena kesukaan neng membaca. Dulu alm papa selalu beliin majalah Bobo dan Mentari Putera Harapan, majalah anak anak yang hits di tahun 90-an. Neng kecil dulu sering mengirim surat ke majalah Bobo hehehe gak pernah dimunculin sih, tapi pernah menang kuisnya waktu itu.

Kesukaan membaca dan nulis ini terbawa sampai dewasa. Termasuk saat memilih jurusan kuliah sehingga neng memilih Sastra Indonesia saat melanjutkan pendidikan. Dan ketika tahu tentang dunia blogging, waaaah neng berasa menemukan dunia yang tepat.    

Terus kalian udah tahu tentang blogging dan blogger kah? Udah lah ya hahahha… Anggap saja udah ya, kalo emang belom dan pengen bahasan khusus tentang dunia blogging tulis di kolom komentar yah. Kali ini neng pengen bahas tentang part time blogger vs full time blogger. Yup, sejak 2009 neng udah mulai ngeblog. Blog neng yang lama isinya puisi , cerpen, curhatan ala ala masa galau. Baru serius ngeblog menuju profesional di tahun 2015. Di awal perjalanan di dunia blogging, neng masih menganggap nge-blog sebagai hobi aja. Semata-mata menyalurkan kesukaan neng menulis.

Namun, sejak tahu gimana dunia profesional blogging neng jadi tergoda untuk serius mendalami. Dari tahun 2015 menjadi part time blogger, akhirnya memutuskan untuk jadi fulltime blogger sejak tahun 2018 ini. Lalu, apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi full time blogger? Di bawah ini beberapa poin neng bagikan berdasarkan pengalaman neng yah. Tetapi bukan tentang tools atau gadget yang dapat mendukungmu secara profesional untuk blogging yah. Yuk disimak… 

Passion Menulis dan Berbagi
Ini penting memiliki passion atau paling tidak hobi dalam menulis sebagai seorang blogger. Karena ya pekerjaannya memang menulis. Selain itu kesenangan untuk membagikan hal-hal bermanfaat juga wajib dimiliki. Sehebat apapun skill menulis yang kita miliki namun jika kita tidak suka berbagi informasi dengan orang lain, maka sulit bagi kita untuk memulai menjadi blogger profesional. Bukan berarti kita menjadi seseorang yang maha tahu yah, hanya saja ada kata-kata bijak informasi sekecil apapun yang kita bagikan mungkin akan sangat bermanfaat bagi orang lain.

Komitmen
Memiliki kemampuan menulis dan memiliki keinginan untuk berbagi dengan banyak orang kurang lengkap jika kita tidak memiliki komitmen. Terutama di awal-awal saat kita masih membangun blog kita dari nol. Saat mungkin kita belum mendapatkan “imbalan” dari aktivitas blogging. Komitmen dibutuhkan bahkan sejak awal hingga akhir. Tanpa komitmen dan konsisten menulis blog akan menjadi pekerjaan yang memberatkan dan membosankan. Misal, tentukan dalam seminggu kita akan terbitkan berapa tulisan. Dan patuhi komitmen tersebut.

Tentukan Spesialisasi Blog
Apakah kita harus menentukan spesialisasi dalam menulis blog sejak awal? Kalau neng sih di awal awal masih random, bahkan di awal banget malah nulisnya curhatan mulu. Namun perlahan mulai lebih rapi tulisannya lebih punya faedah kalo kata orang orang mah. Hehehe… meskipun masih random juga tulisannya. Maunya semua ditulis, tema apapun itu. Kalau sekarang ini neng mulai menata dan merapikan tulisan dan postingan di blog sesuai dengan spesialisasi yang neng bentuk untuk ke depannya.

Kenapa memiliki blog yang spesifik temanya penting? Ini untuk lebih memudahkan siapapun yang ingin bekerja sama dengan kita sebagai blogger. Memudahkan klien untuk mengidentifikasi blog kita itu tandanya kita semakin profesional. Semakin spesifik apa yang kita bahas dan kita bagikan, apalagi kalau kita menguasai tema tersebut maka akan semakin profesional blog kita di mata orang lain.

Upgrade Kemampuan Tentang Blogging
Kunci utama kalau ingin profesional sebagai blogger atau fulltime blogger adalah jangan berhenti upgrade kemampuan diri. Entah itu ilmu tentang menulis atau tentang teknis blogging. Ngeblog bukan hanya sekedar menulis saja, tapi banyak komponen skill pendukung tentang blog. Editing gambar, ilustrasi gambar, tentang teknis IT seputar blog, SEO, dan masih banyak hal lainnya. Dan itu wajib kita tahu. Tidak perlu mendalam kalau memang tidak memungkinkan, tapi setidaknya kita tahu dasar-dasarnya. Upgrade skill ini sangat penting karena semakin ingin kita menjadi profesional di dunia blogging, maka kita akan bertemu dengan banyak sekali blogger dengan skill yang jauh lebih baik dari kita. Dan yang harus kita lakukan adalah menjadi bagian dari mereka dengan versi terbaik dari diri kita.

Perkaya Bank Informasi dengan Cara Apapun
Neng pernah ada di workshop menulis dari Dewi Lestari. Ia pernah mengatakan seorang penulis itu pasti harus memiliki kegemaran membaca. Tidak hanya membaca buku tapi membaca kejadian di sekitarnya. Peka menangkap semua informasi yang bertebaran di sekitarnya. Mengapa? Karena menulis itu ibarat mengeluarkan menuangkan sesuatu dari teko. Apa yang kita masukkan ke dalam teko adalah apa yang kita keluarkan. Bayangkan jika tidak ada yang kita masukkan ke dalam teko tersebut, apa yang akan kita keluarkan. Begitu juga menulis, yang harus kita lakukan adalah memperkaya bank informasi dengan cara apapun. Membaca buku, mendengarkan radio, membaca koran atau portal berita, namun yang lebih penting adalah mengasah kepekaan. Iya kepekaan dalam menangkap semua informasi itu sehingga dapat mengolahnya ke dalam tulisan tulisan kita.

Naaah… ribet ga jadi fulltime blogger atau blogger profesional? Yakin masih mau jadi fulltime blogger? Hehehe…

See you at next blog spot. Bhubaay….


0 comments:

Post a Comment