Saturday, April 6, 2024

Chand Raat Pertama Umar

Mendapatkan beasiswa pendidikan full untuk melanjutkan studi S2 ke luar negeri menjadi idaman banyak orang. Termasuk jg 

Umar Abdul Aziz, mahasiswa asal Indonesia yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi masternya di Institute of Information Technology Bangalore (IITB)

Program Studi Master of Digital Society. Ia menjalani tahun pertamanya di India dengan excited.


Di tahun pertamanya ini, sepertinya ia akan menghabiskan bulan Ramadhan dan Idul Fitrinya di India. Karena terkendala biaya, ia terpaksa menjalankan ibadah berjauhan dari keluarganya di Indonesia. Awalnya, ia takut orang tuanya akan sedih berkepanjangan, tapi Umar bersyukur memiliki orang tua yang sangat supportive dan memiliki hati yang besar.

***


"Mar, mau ikut ga ke rumah Aryaan? Hari ini dia mau pulang nanti malam ada perayaan Chand Raat di kampungnya." ajak Dani.

"Chand Raat? Apa itu?" tanya Umar.

"Kalau di Indonesia itu takbiran gitu, malam terakhir Ramadhan. Biasanya warga kumpul di plaza atau pasar buat beli kebutuhan Chand Raat dan Idul Fitri. Biasanya juga nanti ada festival petasan dll." Umar menyimak penjelasan Dani. 

"Ya udah ayok. Daripada bengong juga di apart." Jawab Umar.


Malam Ramadhan terakhir tahun ini dihabiskan Umar melebur dengan Aryaan dan keluarganya. Ia dan Dani juga bermalam di rumah Aryaan untuk melakukan sholat ied bersama keluarga Aryaan. 


***

Umar dibuat kagum dengan perayaan Chand Raat dan Idul Fitri di India. Di India, umat muslim adalah warga minoritas. Jadi melihat semaraknya perayaan Chand Raat dan Idul Fitri di sini, Umar sangat kagum. 

Semalam saat berkumpul di rumah Aryaan, ia dijelaskan tentang budaya Chand Raat dan Idul Fitri di India. Para prianya mengenakan kurta piyama, Tqiyah, dan Mojri. Sementara para perempuan menggunakan Lehenga Choli, Salwar, dan Kameez. Makanannya pun khas. Di India hidangan khas Lebaran berupa Sheer Kurma, mie bihun manis panggang ditambah susu dan buah kering. Saviyaan, puding dr susu manis dan kurma. Ras Malai sejenis kue keju. Ada juga Kibbeh sejenis bakso.

Umar menyempatkan waktu untuk melakukan video call dengan orang tuanya di Indonesia. Ia mengenalkan keluarga barunya di India kepada orang tuanya. Termasuk menunjukkan beragam makanan khas yang disiapkan keluarga Aryaan. Orang tua Umar lega anaknya tidak melewatkan malam takbiran dan idul fitri sendirian di negeri orang.


 

#RWCODOPDay21

#RWCODOP2024

#OneDayOnePost

#RamadanWritingChallenge2024

0 comments:

Post a Comment