Sunday, July 31, 2022

, , ,

Trader Pemula Wajib Baca! 3 Fitur di Stockbit yang Cocok untuk Trader Pemula Seperti Saya

 



Annyeong Teman Nunna

Jangan kaget kalo Nunna sekarang sering muncul menyapa teman teman yaaa hehehe maklum sel rajinnya lagi akti-aktifnya ya bun. Oke kali ini CeritaNunna akan hadir dengan cerita salah satu pengalaman Nunna sebagai trader newbie alias pemula. 

Menurut Nunna ada dua tantangan pemula di dunia trading saham yaitu belajar tentang ilmu teknikal dan fundamental dalam trading serta screening untuk menentukan saham atau emiten mana yang bagus dibeli dan kapan kapan dibelinya. Untuk dua hal ini benar benar hal basic yang paling tidak harus sedikit dipahami oleh trader pemula. 

Di luar sana, banyak sekali trader-trader senior, influencer, atau start up yang membuka kelas-kelas premium yang mengajarkan dua hal ini. Ada yang fee pendaftarannya ratusan ribu hingga puluhan juta. Apakah ketika kita mengikuti kelas-kelas premium itu sudah pasti mendapatkan profit atau cuan? Mungkin iya, mungkin tidak. Ini kembali lagi bergantung kitanya. Karena menurut Nunna tidak semua kelas atau guru di dunia trading mengajarkan ilmu yang pas saat kita aplikasikan. Jadi kembali lagi ke kemampuan kita untuk menganalisis dan mempraktekan ilmu yang kita dapatkan. Menyesuaikan style trading yang diajarkan ke kita dengan kemampuan kita. Jadi style trading itu kalau Nunna bilang sangat personal. 

Nah, kembali ke dua hal yang menjadi tantangan yang harus dilalui oleh trader pemula, edukasi dan screening. Jujur selama ini Nunna seperti melompati step ini. Dulu mengawali trading saham secara serampangan, beli emitennya ikut-ikutan apa yang lagi tren di sosial media. Kemudian Nunna bergabung di komunitas trading bareng yang membuat Nunna tidak perlu lagi repot melakukan screening dan belajar tentang teknikal serta fundamental saham. Tinggal ikut saja watchlist yang diberikan, member tinggal ikut beli atau tidak. Dan semua itu gratis tidak berbayar. Iya memang selama ini Nunna tidak pernah ikut kelas atau grup berbayar di dunia saham.  

Tapi kemudian Nunna berpikir, pengen banget bisa naik kelas dengan belajar untuk memahami teori tentang teknikal dan fundametal saham. Belajar juga bagaimana screening emiten yang bisa dimasukkan dalam watchlist. Dan belajar membuat keputusan mandiri terkait setiap transaksi saham yang Nunna lakukan. Bukan hanya sekedar ikut-ikutan tanpa modal analisis. Nunna mulai belajar melalui Youtube, berbagai akun youtube yang membahas tentang trading saham dan metode screeeningnya. Sampai kemudian Nunna bertemu satu aplikasi bernama STOCKBIT.

Stockbit Beri Ruang Bagi Trader Newbie Belajar Cari Cuan


Saat pertama kali Nunna tahu tentang Stockbit, Nunna pikir Stockbit hanya sekuritas biasa sama dengan yang lainnya. Tapi saat Nunna mulai ngulik nih fitur-fitur di dalamnya, Nunna sadar bahwa Stockbit tuh aplikasi online trading yang newbie friendly. Trader newbie atau pemula seperti diberikan ruang yang lega untuk memulai trading journeynya dengan Stockbit. Mengapa sampai Nunna bisa menyimpulkan demikian? Ada beberapa poin yaaa
  • Buka RDNnya mudah dan tidak ada minimal Deposit dan mudah hanya 1 hari kerja
  • Stockbit saat ini memiliki fee sekuritas termurah, fee beli 0.1% dan fee jual 0.2%. Fee sekuritas termurah pada Stockbit ini sudah termasuk biaya broker, biaya levy, PPN biaya broker dan PPh final.
  • Aplikasi Online Tradingnya memiliki user-interface yang user friendly. Bahkan bagi mereka yang gaptek mungkin akan mudah menjalankannya 
  • Ada fitur Stream semacam sosial medianya trader tempat kita bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan trader Stockbit lain. Juga ada update news yang dikirimkan via email oleh Stockbit Snip
  • Selain itu ada fitur-fitur lain yang akan Nunna jelaskan detail di bagian selanjutnya, yang tentunya sangat membantu sekali bagi para newbie untuk memulai trading.
Bagi pemula di dunia trading, minimal deposit dan besaran fee transaksi memang jadi salah satu bahan pertimbangan dalam memilih sekuritas. Apalagi yang modalnya masih minim jadi mereka akan berpikir beberapa kali tentang dua hal tersebut.

Seperti yang Nunna juga tuliskan di judul utama juga di poin-poin di atas, ada 3 fitur utama di Stockbit yang dapat menjawab kegelisahan para newbie dalam menghadapi tantangan di awal trading. Di Stockbit memang memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya. Bahkan dengan menjadi nasabah Stockbit Sekuritas kita bisa mengakses paket berlangganan Stockbit Pro berupa rangkuman data keuangan, platform charting, screener saham, valuasi, dan fitur lainnya secara gratis. Jadi tidak ada biaya lagi yang harus kita keluarkan.

  
Tapi bagi Nunna ada 3 fitur utama yang sangat membantu trader pemula untuk memulai trading journeynya. 3 fitur tersebut adalah Academy, Screener, dan Virtual Trading. Coba tebak kenapa 3 fitur ini bisa jadi andalan para trader pemula? Simak infografis berikut ya.



Beberapa poin yang Nunna catat selama menggunakan fitur Stockbit Academy 
  • Disajikan dalam bentuk video sehingga mudah dimengerti
  • Dibagi dalam beberapa bahasan, mulai dari basic pasar modal, cara membaca laporan keuangan, technical analysis, fundamental analysis, hingga bahasan per sektor emiten
  • Terdapat level sesuai pemahaman mulai dari basic hingga advance. Jadi kita sebagai pemula tidak perlu khawatir
  • Ada juga ebook penunjang untuk pengoperasian fitur


Untuk Screener & Preset Screener ini berfungsi banget saat kita ingin melakukan screeening emiten mana saja yang bisa dibeli atau dijual. Kita bisa membuat screening mandiri dengan parameter yang kita miliki atau menggunakan preset screener yang telah disiapkan oleh Stockbit. Lumayan lengkap pilihan presetnya. Kita bisa save atau tandai favorit screener yang telah kita gunakan. 


Fitur terakhir Stockbit yang Nunna rasa bisa banget ngebantu para trader pemula ada fitur Virtual Trading. Nunna sudah catat poin-poin untuk menjelaskan fitur ini. 
  • Fitur Virtual Trading ini merupakan simulasi trading saham dengan kondisi pasar yang real
  • Dapat diakses melalui web atau aplikasi mobile
  • Mendapat modal uang virtual sebesar 100 juta
  • Dapat menjadi alat untuk mulai trial trading dan ilmu dari Stockbit Academy
Saat baru belajar trading kadang kala kita merasa ragu untuk memulai karena takut salah, takut rugi, takut harga sahamnya dibawa turun terus dll. Nah Virtual Trading ini membantu kita untuk melatih intuisi trading kita dengan data real market saat itu. Dengan uang virtual kita bisa trial error ilmu dari Stockbit Academy atau jajal hasil screening. Risiko trading sebagai pemula jadi bisa sedikit diminimalisir.

Untuk Nunna, 3 fitur di Stockbit itu beneran ngebantu trader pemula sih. Sebelum kita benar-benar terjun ke dunia saham sebenarnya. Paling tidak secara mental kita bisa lebih siap menghadapi kerasnya dunia trading saham.

Nah jika Teman Nunna mau juga mulai masuk ke dunia trading saham, Stockbit bisa dipertimbangkan untuk membantu Teman Nunna memulai trading journey. Boleh klik di link berikut Trading With Stockbit dan selamat datang di dunia trading. Enjoy your journey. Semoga kita bertemu di lain kesempatan yaaah. 

Semoga CeritaNunna kali ini bermanfaat yaah buat Teman Nunna. Sampai bertemu di cerita-cerita selanjutnya.

Saranghae, Nunna. 


     

1 comment:

  1. Halo salam kenal. Sesama trader pemula jadi merasa punya teman nih :)
    Aku juga pakai Stockbit nih untuk trading, memang nyaman ya karena ada virtual accountnya juga. anakku juga sudah aku sosialisasikan trading pakai virtual accountnya Stockbit. Kalau aku pakai akun realnya aja deh :)

    ReplyDelete