Friday, July 29, 2022

, ,

Selalu Ada Kemudahan untuk Belajar Bahasa Asing dengan Lister



Annyeong Teman Nunna,

Apa kabar kalian di sana?
Kaaan gak lama kan dari terakhir kita ketemu akhirnya ketemu lagi dengan Cerita Nunna yang lain.

Duh tahu gak, Nunna tuh lagi gemes banget. Pas kemarin tahu kabar dari BTS kalau bakal ngadain konser di Busan, Korea di Oktober mendatang. Mana sekarang posisi tabungan sedang tiris-tirisnya. Tapi hasrat pengen segera bisa ke Korea dan ketemu Bangtan itu menggelegak sekali.

Tapi, kalau dipikir-pikir sebenarnya modal Nunna untuk pergi ke Korea juga kurang sih. Bukan hanya tentang finansial alias budget, tetapi juga satu hal penting lainnya. Kemampuan bahasa. Kemampuan bahasa Korea Nunna masih nanggung banget. Selama ini belajar cuma dari nonton drama korea, variety show, atau belajar lirik lagu KPop. Jadi ya ala kadarnya banget.

Pernah kepikiran untuk ikut kursus bahasa Korea secara intens tapi kepikiran kayanya gak bakal bisa deh atur waktunya kalau harus kelas tatap muka. Nah, di tengah kegalauan itu waktu scrolling Instagram muncullah post tentang Lister. Jiwa kekepoan Nunna muncul membabi buta, meluncurlah menuju website Lister di lister.co.id

Dan woilaaaah ternyataaaa banyak harta karun informasi yang bisa Nunna gali tentang Lister dari website itu dan berbuntut Nunna makin galau karena pengen belajar banyak bahasa lain selain bahasa Korea.

Belajar Banyak Bahasa Asing Sebagai Modal Jadi Digital Nomad

Nunna tuh termasuk orang yang excited banget belajar bahasa Asing. Sejak SMP sudah sedikit-sedikit belajar bahasa asing selain bahasa Inggris. Mulai dari sedikit-sedikit belajar bahasa Spanyol. Sampai Nunna bela-belain beli buku panduan belajar bahasa Spanyol dan belajar sendiri. Tahu gak kenapa alasannya Nunna mau belajar bahasa Spanyol?

Teman-teman tahu ga series telenovela jaman dulu judulnya Amigos. Tahu kan? hehehe... Kalau tahu berarti kita seumuran lah ya. Belajar bahasa Spanyol karena jatuh cinta setelah dengar soundtracknya Amigos. Terus berlanjut ada lagunya Christina Aquilera Reflection yang dibuat versi spanish dan dikemas dalam album Mi Reflejo. Ituu Nunna bela-belain buat beli kasetnya di masa itu. Hapalin liriknya, cari tahu artinya di kamus. Sampai seniat itu pokoknya.

Di SMA, ada ekstrakurikuler bahasa Jerman seminggu sekali. Nunna iseng iseng ikut ternyata bahasanya menarik. Kurang lebih serumpun dengan Belanda juga. Kesukaan belajar bahasa itu berlanjut ke masa kuliah. Naah, waktu kuliah karena Nunna kuliah di Sastra Indonesia, saat itu diwajibkan ambil mata kuliah bahasa asing minimal 6 bahasa, selain bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib. Di masa-masa kuliah itu lah Nunna berkelana belajar bahasa Belanda, Prancis, Jepang, Arab, Sansekerta, Jawa Kuna, Melayu, dan lain-lain.

Dalam waktu satu semester memang tidak bisa mendalami bahasa-bahasa itu secara mendalam. Paling gak saat itu Nunna bisa belajar tata bahasanya, belajar kosakata dan percakapan dasar. Meskipun memang kuncinya belajar bahasa itu memang harus selalu dipraktekan agar terbiasa dan gak hilang kemampuannya. Naah setelah itu hanya sebagian kecil dari bahasa-bahasa itu yang masih digunakan secara aktif. Tapi kesukaan mempelajari bahasa asing tidak berhenti di situ.

Baru akhir-akhir ini sih seperti disadarkan kenapa kok Nunna suka banget belajar bahasa asing. Setelah pandemik terjadi, dan juga beberapa kejadian dalam hidup yang membuat Nunna sekarang lebih nyaman bekerja secara remote dan freelance. Semua bisa dikerjakan dari mana saja, asal ada sambungan internet tentunya. Nah, di masa-masa dipaksa "hiatus" ini lah, hasrat untuk benar-benar menjadi digital nomad semakin kuat.

Apa itu digital nomad? Digital nomad itu adalah seseorang yang memutuskan untuk bekerja lepas dan memanfaatkan teknologi sehingga tidak terikat waktu dan tempat. Nunna pengen banget bisa bekerja sambil bisa explore dan jalan-jalan keliling Indonesia dan dunia. Nah menuru Nunna salah satu syarat bisa sukses menjadi seorang digital nomad adalah penguasaan bahasa asing. Minimal bahasa Inggris lah yang memang merupakan bahasa internasional. Tapi, fasih bahasa Inggris saja tidak cukup sih Nunna rasa. Karena tidak semua negara warga lokalnya menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa ibu atau bahkan bahasa kedua. Jadi belajar bahasa asing lain juga penting untuk membekali diri agar bisa berkomunikasi lancar di luar sana.

Oh ya Nunna merangkum beberapa alasan mengapa kita harus belajar bahasa asing lebih dari satu dalam infografis di bawah ini.

Jadi menurut Nunna ada 3 alasan mengapa kita harus belajar bahasa asing lebih dari satu bahasa.

Yang pertama, jika Teman Nunna berencana bepergian bahkan hidup secara nomaden seperti yang Nunna rencanakan, menguasai bahasa asing jadi satu keharusan. Kita dapat lebih mudah menjalin relasi saat bisa menguasai bahasa asing terutama bahasa yang digunakan di negara tersebut. Act like Local and speaking local. Lebih mudah berkomunikasi dan berkenalan dengan orang orang setempat akan sangat "menguntungkan" bagi proses adaptasi kita.

Yang kedua, menguasai bahasa asing bisa menjadi salah satu cara kita untuk upgrade kemampuan diri, atau upskill. Dengan demikian, percaya atau tidak kita bisa jadi lebih percaya diri dalam melakukan komunikasi dengan orang lain atau bersosialisasi.

Yang ketiga, ini yang menarik, dengan menguasai bahasa asing akan membuka peluang lebih luas bagi kita untuk dieksplorasi. Entah itu dalam hal pendidikan, pekerjaan, bisnis, atau hubungan sosial dengan orang lain. Kita seperti memiliki nilai plus dengan menguasai bahasa asing.

Drama Korea, Fangirling BTS, dan Perjuangan Belajar Bahasa Korea


Salah satu bahasa yang paling ingin Nunna kuasai saat ini adalah bahasa Korea. Ini bermula dari hobi Nunna yang suka nonton drama Korea sejak tahun 2000an. Drama Korea pertama yang saat itu Nunna tonton dan akhirnya bikin jatuh cinta adalah Endless Love atau Autumn in My Heart yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Won Bin, dan Song Seung Heon. Sejak saat itu, mulai suka nonton judul lain. Tapi, di masa itu drama Korea yang ditayangkan di televisi Indonesia sudah dalam bentuk dubbingan alias sulih suara ke dalam bahasa Indonesia. Masih belum terlalu tertarik tuh belajar bahasanya saat itu. Baru saat mulai dengerin lagu KPop, terus bisa nonton drama Korea dengan suara asli bahasa Korea, keinginan besar belajar bahasa Korea termasuk aksaranya hangeul itu terus tumbuh, hingga saat ini.

Korea Selatan jadi salah satu destinasi utama Nunna kalau suatu saat sudah bisa mulai berpetualang. Dan seperti banyak diketahui, di sana gak banyak warga lokal yang menguasai bahasa Inggris. Jadi mau gak mau, untuk bisa mengeksplorasi budaya dan kehidupan di Korea Selatan kita harus menguasai bahasanya. 

Sekarang ini, Nunna masih belajar otodidak bahasa Korea. Mulai dari menonton drama korea, music video, menghapal lirik lagu, menonton reality show, dan banyak hal lainnya. Ibaratnya sekarang mengumpulkan serpihan informasi yang bisa diakses secara gratis dari internet. Tapi metode belajar seperti ini memang ada plus minusnya. Menurut Nunna, plusnya kita tidak mengeluarkan biaya apapun selain kuota internet. Sementara minusnya, kurang terkontrol belajarnya. Selain itu karena ga punya mentor dan tandem bercakap untuk mengasah kemampuan berbahasa, belajar bahasa secara otodidak cenderung lebih lama fasihnya. Sepakat ga Teman Nunna?

At this point, Nunna merasa membutuhkan bantuan dari expertis. Dan Nunna memutuskan untuk mengikuti course Bahasa Asing dan kali ini gak hanya bahasa Korea tapi juga bahasa Inggris? Kenapa juga bahasa Inggris? Seperti Nunna cerita di awal, Nunna belajar Inggris "hanya" karena jadi pelajaran wajib di sekolah hingga kuliah. Tes TOEFL juga Nunna jalani "hanya" sebagai syarat kelulusan kuliah. Nunna pengen banget merasakan juga gimana rasanya menggunakan bahasa Inggris yang gak ngasal gitu hehehe. Dan yah, seperti Nunna cerita di awal dan yang akan Nunna ceritakan setelah ini adalah akhirnya Nunna menemukan Lister.co.id. Apa dan bagaimana cara belajar di Lister, akan Nunna ceritakan lengkap versi Nunna setelah ini yah. 
 

Banyak Pilihan Bahasa Dalam Satu Web


Pernah gak kalian terpikir bisa belajar banyak bahasa asing dalam satu wadah. Dan semua itu semudah hanya dengan satu kali klik. Dan wadah itu adalah lister.co.id. Menariknya di Lister ini kita punya pilihan belajar bahasa asing. Sebut saja bahasa Inggris, Mandarin, Belanda, Arab, Jepang, Jerman, Mandarin, Korea, Spanyol, Prancis, Belanda, dan Rusia. Jadi tepat rasanya kalau Lister disebut sebagai Lister one stop language learning solution.

Reaksi Nunna saat pertama kali membuka web Lister adalah kaya gak percaya gitu ada fasilitas belajar bahasa asing dan ilmu lain penunjang persiapan kerja dan kuliah ke luar negeri seperti Lister. Nunna yang awalnya cuma mau belajar bahasa Korea malah jadi tergoda untuk kembali belajar bahasa Inggris terutama meningkatkan communication skill.

Saat ini Lister memiliki 3 Program Best Seller, ada Business English, Preparation Test, dan Academic English itu yang sepertinya memang menyedot banyak peminat. Karena saat ini trennya memang penggunaan bahasa Inggris yang diaplikasikan sesuai kebutuhan misal untuk pendidikan atau bisnis. Jadi semisal Teman Nunna ada yang saat ini mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri bisa tuh melakukan tes seperti IELTS, TOEFL, iBT, atau TPA.

Okay sekarang Nunna akan menambahkan alasan buat Teman Nunna memilih Lister sebagai sarana belajar bahasa asing. Di Lister kita diajak untuk belajar bahasa asing dengan cara yang mudah, efektif, dan interaktif. Selain itu ada beberapa poin alasan yang membuat Lister bisa menjadi pilihan Teman Nunna saat ingin belajar bahasa asing, antara lain :

  • Konten Edukasi yang Disesuaikan dengan Kebutuhan Kita
  • Metode Pembelajarang yang Efektif dan Interaktif
  • Biaya Kursus yang Terjangkau dengan Kualitas Tinggi
  • Penjadwalan Belajar yang Fleksibel
  • Ada Garansi Score yang diberikan oleh Lister
  • Tutor yang Berkualitas Tinggi
Selain poin-poin di atas, masih banyak benefit yang diberikan kepada murid Lister. Teman Nunna bisa ekplor di web Lister secara langsung

Nah terus Nunna jadi gak pengen ambil kursus bahasa Korea di Lister? Jadi dong. Nunna bakal daftar program bahasa Korea di sini. Di link itu, semua informasi mulai dari kurikulum hingga biaya belajarnya sudah lengkap dijelaskan. Kenapa akhirnya yakin banget daftar belajar bahasa Korea di Lister karena setelah Nunna pelajari materi yang disusun oleh Lister lebih mudah dipahami dan diaplikasikan. Sehingga, orang-orang kaya Nunna yang gak pernah belajar formal baahasa Korea masih bisa mengikutinya. Materinya mulai dari pengenalan huruf dan sejarah abjad dalam bahasa Korea (Hanja dan Hangeul) hingga pengaplikasian bahasa Korea dalam kehidupan dan percakapan sehari-hari.

Gimana Nunna ga meleyot dibuatnya. Belajar bahasa Inggris oke, bahasa Korea juga hayuk. Semuanya dalam satu web. Oh ya, kalau Teman Nunna juga mau ikut barengan belajar bahasa asing sama Nunna boleh banget daftar di sini KLIK DAFTAR LISTER. Kalian juga bisa mendapatkan benefit kalau memasukkan kode promo BLOGLISTER10 saat registrasi.

Jangan sampai sia-siakan masa muda kita. Teman Nunna harus memanfaatkan usia dengan belajar banyak hal, berpetualang, menciptakan kenangan di banyak tempat, merasakan pengalaman hidup yang beragam. Dan semua itu bisa kita lakukan salah satunya jika kita menguasai bahasa asing. Semoga Cerita Nunna kali ini bermanfaat ya. Sampai bertemu di Cerita Nunna lainnya.

Saranghae, Nunna.


Tulisan ini diikutserakan dalam Lister Blog Review Championship



0 comments:

Post a Comment