Saturday, July 9, 2022

, ,

Lorong Gelap Keadilan di Pengadilan Anak & Remaja ; Juvenile Justice


Drama: Juvenile Justice (English tilte) / Juvenile Judgement (literal title)
Revised romanization: Sonyeonsimpan
Hangul: 소년심판
Director: Hong Jong-Chan
Writer: Kim Min-Seok
Network: @netflixid
Episodes: 10
Release Date: February 25, 2022

When you hurt someone, you have to pay consequences

Kdrama satu ini punya genre yang Nunna suka, crime & thriller. Tapi ternyata, Juvenile Justice menyuguhkan cerita crime yang jujur, baru pertama kali Nunna lihat di Kdrama. Iya tentang kejahatan anak di bawah umur plus dunia peradilan untuk mereka. Ternyata, banyak sekali kasus kriminal yang melibatkan anak di bawah umur dan membuat pelaku bebas dari hukuman berat.


Cerita Juvenile Justice bermula pada sosok hakim yang memiliki karakter sangat kuat, Sim Eun Seok (Kim Hye Soo). Hakim Sim sejak awal sudah menunjukkan kalau ia membenci pelaku kriminal di bawah umur. Ia juga dijuluki hakim maksimal karena selalu memberikan vonis maksimal bagi pelaku kejahatan anak anak.

Hakim Sim ditempatkan di Yeonhwa District Court Juvenile Criminals. Di sana ia bertemu dengan rekan sesama hakim Cha Tae Ju (Kim Moo Yul). Kedua hakim ini punya kecenderungan sikap yang berbeda, kalau hakim Cha dikenal dekat dengan anak anak pelaku kriminal, sementara hakim Sim tidak.

Polemik terjadi ketika mereka menangani kasus pembocoran soal ujian di salah satu SMA yang menyeret nama anak hakim ketua Kang Won Jeung (Lee Sung Min). Hingga menyebabkan hakim Kang harus dicopot dari jabatannya dan digantikan hakim Na Geun Hee (Lee Jeung Eun).



Dan ternyataaaa, ada benang merah antara hakim Na dan hakim Sim. Terkait juga dengan masa lalu hakim Sim yang akhirnya membuat ia membenci pelaku kriminal anak.

Melihat 10 episode Kdrama satu ini jujur membuat Nunna jadi sedikit takut. Takut nanti saat jadi orang tua dan membuat sedikit kesalahan, yang nantinya berdampak negatif pada tumbuh kembang anak.
Seperti pepatah yang juga dikutip dalam Kdrama ini, "perlu satu kampung untuk membesarkan anak". Yang kurang lebih artinya baik buruknya seorang anak tergantung dari bagaimana lingkungan tempat ia bertumbuh. Pendidikan seperti apa yang dia terima. Orang orang seperti apa yang mendampingi langkahnya. Apakah ia ditinggalkan sendiri berjalan tanpa arah ataukah dibimbing dan diarahkan menuju jalan yang tepat.
Karena terkadang, orang tua atau orang orang di sekitar anak tidak sadar saat mereka mungkin memberikan luka batin pada anak.
Kutipan di awal review When you hurt someone, you have to pay consequences
Itu adalah tukilan dari dialog antara hakim Sim dan hakim Kang. Ketika orang tua, guru di sekolah, lingkungan, gagal mengarahkan anak ke jalan yang benar, maka ia berpotensi akan melukai seseorang. Entah dengan cara apa. Dan tugas pengadilan anak di bawah umur adalah memberikan pelajaran kepada mereka bahwa saat mereka melakukan kesalahan dan menyakiti seseorang, ada konsekuensi yang harus mereka tanggung.

Kdrama ini memberikan sensasi nonton yang berbeda seperti drama kriminal lain. Kita ga terlalu dibuat mikir bagaimana memecahkan kasus, tapi diajak untuk berempati dan merenungkan benar salah tindakan dan konsekuensi yg anak anak itu terima. Lebih diajak mengolah rasa lebih tepatnya.
Acting oke, terutama Kim Hye Soo. She looks stunning. Dia berhasil menampilkan seseorang yang memiliki luka batin tapi di saat yang sama harus nampak heartless.


Rating : 5/5 🌟

Review ini sebelumnya telah dipublish di account IG saya



#ReviewKdrama #juvenilejustice #kimhyesoo #Netflix  #kimmooyul #drakor #drakorterbaru #reviewnunna

0 comments:

Post a Comment