Monday, January 15, 2024

,

Toko Jajanan Ajaib Zenitendo 1 ; Hati Hati di Toko ini Keinginanmu Akan Terwujud


Toko Jajanan Ajaib Zenitendo 1 || Reiko Hiroshima || POP Imprint KPG || November 2023 || 151 halaman

Rate : 5/5 ⭐

Buat kamu yang suka cerita fantasi, sepertinya akan kepincut sama novel satu ini. Yap, judulnya Toko Jajanan Ajaib Zenitendo 1. Sesuai judulnya, iya betul ada jilid 2nya. Nanti Nunna bahas terpisah yah. Nah balik lagi di novel jilid pertamanya ini, Nunna bahas satu satu yah. 

Mulai dari ilustrasi cover dan ilustrasi ceritanya yang sangat apik. Ilustrasi yang digarap oleh Jyajya di novel karya Reiko Hiroshima ini membuat novel ini makin hidup. Di setiap bagian ceritanya terdapat ilustrasi tokoh yang membantu pembaca membangun imajinasinya. Yang paling Nunna suka ya tentu saja ilustrasi tokoh Beniko, pemilik toko jajanan ajaib Zenitendo.

Beniko, sang pemilik toko Zenitendo digambarkan bertubuh gempal yang selalu memakai kimono. Rambutnya yang semuanya berwarna putih ditata sanggul seperti wanita tua. Tapi dari wajahnya tidak ada tanda tanda penuaan. Wajahnya tanpa kerutan dan selalu dihiasi senyum saat ada pengunjung toko datang.

Sebenarnya novel ini bercerita tentang apa sih? Jadi, novel ini tuh berkisah tentang toko ajaib yang hanya muncul ketika ada seseorang yang benar benar menginginkan sesuatu. Dan Beniko, pemilik toko akan menjual jajanan yang bisa mewujudkan keinginan itu. Asalkan sang pembeli menaati petunjuk yang ada di setiap jajanan. Dan harga yang harus dibayar pembeli juga ditentukan Beniko, berdasarkan harta berharga yang saat itu dimiliki pembeli.


Di jilid pertamanya, terdapat 6 cerita dan 1 penutup cerita antara lain Permen Jeli Putri Duyung, Biskuit Binatang Buas, Es Berhantu, Pancing Kue Ikan, Cokelat Karisma, Pohon Pemasak, dan Tutup Toko. Masing masing ceritanya memiliki pesan positif yang bisa diambil pembacanya. Dan serunya terjemahan novel ini bagus sekali jadi membuat novel ini ringan sekali untuk dibaca dalam sekali duduk. 

Dari enam cerita di jilid 1 ini, Nunna suka semuanya tapi ada satu cerita yang paling membekas. Pohon Pemasak, di sini menceritakan seorang ibu tunggal dari dua anak yang melampiaskan amarah dan kekesalannya atas kehidupan ke anak-anak dan juga rumahnya. Rumah tak terurus, anak-anaknya tidak terawat dan jarang makan dengan semestinya. Yang menarik, pembeli jajanan ajaib bukan kedua anak itu, tapi perempuan muda yang iba dengan nasib kedua anak itu. Keinginan anak-anak itu hanya agar bisa makan dengan kenyang. Dan ya, itu terwujud dengan ajaib. 

Bagaimana detail ceritanya, kamu wajib baca novel karya Reiko Hiroshima ini. Dijamin tidak berhenti hingga lembar terakhir. Oh ya, spoilernya lagi tulisan novel ini besar besar. Jadi misal diberikan sebagai kado untuk anak-anak juga masih oke kok. Happy reading yah 

Saranghae, Nunna


0 comments:

Post a Comment