Friday, December 15, 2023

,

Medium Rare Mom ; Kisah Petualangan Ibu Muda Menemukan Kebahagiaan di Rumah


Medium Rare Mom || Mel Bakara || Elex Media Komputindo || Terbit 2021 || ISBN 978-623-00-2927-1 || 313 halaman

Rate : 5/5 ⭐

Novel ini Nunna temukan karena mencari novel bertema ibu yang inginnya dibaca tak terlalu berat. Bisa dibaca sekali duduk tanpa membuat pening. Berbekal cover buku yang terlihat "fun" dan blurb novel yang mengesankan "ah seru nih ceritanya kocak kayanya". Mulailah Nunna membacanya. 

Satu bab, dua bab, dan beberapa bab berlalu. Aman nih, kocak ceritanya, bahasanya asik dan mudah dipahami, alur ceritanya gak membosankan. Konflik rumah tangga pun mengalir seperti ringan ringan saja. Tapiiii masuk ke bab belasan, semua keceriaan yang disajikan di awal sirna. Konflik semakin intens dan duarrrrr bikin mikir dalam, nangis sesengukan, dan banyak banget dapat insight dari novel slice of life ini.

Yap, novel Medium Rare Mom memang sekeren itu. Pembaca dibuat larut dengan gaya bahasa penceritaan penulis, ikut masuk dalam konflik konflik kecil yang dihadirkan, hingga terbawa ke puncak penceritaan yang mind blowing. Ah lebay Nunna. Eits, jangan bilang saya lebay kalo belum baca sendiri.

Novel ini bercerita tentang Ella dan Ardo. Pasangan suami istri muda yang memiliki karakter yang masing masing unik. Ella sosok perempuan Alfa yang bekerja di perusahaan Jepang terbiasa memiliki power di kantor dan mengendalikan banyak pegawai di bawahnya pun harus mengikuti perintah pimpinannya. Ia beruntung memiliki Ardo, sahabatnya sejak kecil yg kini menjadi suaminya. Ardo yang selalu mengerti dan mengamini apa yang dia inginkan. Bagi Ardo, kebahagiaan Ella di atas segalanya. Termasuk dalam menunda memiliki momongan.

Bagi Ella, hamil dan memiliki anak saat itu hanya akan sedikit menghambat impian-impiannya dan karirnya. Dan Ardo memahami itu asalkan urusan hubungan sex tak harus ditahan tahan. Sampai suatu ketika, Ella menyadari sepertinya suaminya sesungguhnya menginginkan kehadiran anak di kehidupan rumah tangga mereka. Hanya saja Ardo tidak ingin memaksa Ella untuk hamil, kalo dia tidak siap.

Singkatnya, terjadilah kehamilan pertama Ella yang melahirkan baby Kunyit/Turmeric. Apa yang ditakutkan Ella terjadi. Karirnya berantakan sampai ia memutuskan resign dari pekerjaannya. Dan ia fix jadi Ibu Rumah Tangga saja. Keputusan yang membuatnya gelisah dan merasa kosong karena kehilangan jati dirinya. 

Kata kata "Ibu yang bahagia akan menjadi sumber bahagia di rumah tangga" itu benar adanya. Ella yang "belum selesai" dengan masalah dirinya yang mengalami post power syndrom merembet ke banyak masalah dan konflik lain. Termasuk hubungannya dengan Ardo. Hingga membuat Ardo meninggalkan rumah di saat Ella lagi-lagi mengandung anak kedua. 

Di novel Medium Rare Mom ini pembaca seakan diajak untuk menyelami bagaimana perjuangan seorang perempuan untuk menjadi istri dan ibu. Ibaratnya daging medium rare, Ella digambarkan sebagai sosok yang belum siap dan matang untuk menjadi ibu. Apalagi untuk menjalankan perannya sebagai ibu. 

Apakah salah seorang perempuan yang belum siap menjadi seorang ibu? Tentu tidak, karena bagaimanapun itu proses kehidupan. Pun seperti medium rare steak, kita bisa saja tetap menikmatinya kalau kita terlebih dulu bisa berdamai dengan diri sendiri. Menerima bahwa mungkin kita memang belum siap, "menyelesaikan" apa yang jadi masalah dalam diri kita sendiri. Karena, ya seperti Ella yang sadar bahwa ia harus mengosongkan dulu gelas dalam dirinya yang dipenuhi masalah, insecurity, post power syndrom, kemarahan-kemarahannya. Agar bisa diisi oleh kebahagiaan oleh Ardo suaminya dan si Kunyit.

Sadari dulu masalah yang ada dalam diri sendiri, benahi, temukan kebahagiaan yang berasal dari internal diri. Maka kita akan bisa memberikan cinta dan kebahagiaan sepenuhnya pada orang lain.

Aaah novel ini indah sekali. Terima kasih Mel Bakara. Karyamu sungguh membuatku banyak berpikir ulang.

Kalian harus baca bukunya yah. Cari di @gramediadigital juga ada.


Selamat Membaca.


0 comments:

Post a Comment