Friday, December 22, 2023

,

Koloni Kompilasi Pulang yang Makin Bikin Rindu Rumah


Koloni Kompilasi Pulang || Cerita dan Gambar : Matto Haq, Archie The Redcat, Azisa Noor, Rizukiaeru, Sweta Kartika, Rosalina Lintang

|| M&C! || Cetakan Pertama 2017 || 180 halaman

Rate : 4/5 ⭐

Kampung halaman itu bukan masalah di mana, tapi siapa yang ada di sana

Kampung Halaman - Azisa Noor

Buat kamu yang rindu rumah, saran Nunna sih ga baca kompilasi komik ini. Kalo ga pengen makin rindu pulang kampung kaya Nunna. Iya, tadinya pilih komik ini Nunna pikir bisa jadi bacaan ringan karena sedang rindu-rindunya ama rumah. Berharap dapat hiburan, dan sedikit melupakan kerinduan akan kampung halaman. Ternyata salah hehehehe. Baru baca cerita di komik pertama udah pecah tangis.

Iya kompilasi komik karya 6 komikus Indonesia ini memang keren parah sih menurut Nunna. Cerita dan gambar komiknya bagus sih. Dari 6 cerita komik hanya ada satu komik yang jujur Nunna agak ga paham ceritanya karena hanya ada gambar tanpa narasi tertulis. Komik dengan judul Home Sweet Home karya Sweta Kartika. Bukan karena gambar atau narasinya ga bagus ya, Nunna aja yang ga paham.

Kompilasi Komik Pulang ini dibuka dengan komik berjudul Mulih karya Archie the Redcat. Cerita komik ini yang tadi Nunna bilang auto bikin mewek dan makin kangen rumah. Menceritakan tentang Abdi yang bertahun-tahun tidak pulang kampung karena takut mengecewakan orang tuanya saat dia belum sukses. Ia juga tidak memberi kabar kepada keluarganya. Hingga pada satu waktu dia pulang kampung dan menemui keluarganya setelah ia sukses. Tapi ternyata ada plot twist yang membuat Nunna shock dan nangis. 

Ada juga kisah kehidupan di luar angkasa pada komik berjudul Kampung Halaman karya Azisa Noor. Komik ini menceritakan kehidupan orang orang yang hidup bertahun tahun di stasiun luar angkasa. Mereka yang mencari definisi rumah dan kampung halaman. 

Juga ada komik Kembali Pada Kenangan Kita karya Matto Haq, Kucing Imut dan Geng Jahil karya Rizukiaeru, serta Pressure karya Rosalina Lintang. Enam cerita komik yang berhasil mengaduk ngaduk perasaan pembaca. Ceritanya kena banget menusuk hati dan buat semakin rindu untuk pulang. 

Latar cerita yang ada di beragam daerah membuat pembaca dibawa terbang ke berbagai kampung halaman versi komikus. Kalian harus baca langsung dan temukan sendiri kesannya saat membaca satu persatu cerita komik. 

Selamat membaca.


0 comments:

Post a Comment