Friday, December 27, 2019

, ,

5 Hal yang Buat Mood Booster Untuk Produktif Berkarya



5 Hal yang Buat Mood Booster Untuk Produktif Berkarya

Annyeong yourobuuun…

Ketemu lagi ama neng, bosan tak? Jangan bosan lah yah mumpung lagi on fire nulis ini. Heheheh… Gengs kalian punya hobby tak? Entah itu menulis, melukis, bikin clay, menari, atau apapun lah. Ada ada? Apa coba share ama neng hobby pembaca kece neng ini apa aja. Kalau neng hobinya banyak termasuk salah satunya menulis. Menulis apa saja cerpen, artikel, puisi, dongeng, naskah iklan, Tapi kadang ada titik kita gak mood yah dalam berkarya. Berasa mentok gitu, mau ngapain bingung aja bawaannya. Entah karena mati ide atau cuma sekedar males ngapa-ngapain. 

Naah biasanya ada beberapa hal yang suka neng lakukan untuk mengembalikan mood untuk kembali berkarya. Kadang hal-hal ajaib, kadang juga mungkin sama dengan teman-teman yang lain. Apa sajakah ituuuu? Yuk cuss lanjut baca yah…

Baca Evaluasi di Workbook

Jadi di setiap pekerjaan atau project yang neng kerjakan itu ada workbook masing masing. Workbook itu ditulis harian, jadi segala kendala, masukan, naik turunnya omzet dll tercatat di sana. Nah kalau mood produktif lagi turun, membaca workbook itu kaya jadi booster tersendiri. Mengapa? Karena dari situ, neng bisa evaluasi apa saja kekurangan selama ini dan memetakan langkah ke depannya seperti apa.    

Diskusi dan Berkomunikasi dengan Tim

Nah salah satu hal manjur untuk mood booster adalah diskusi dan berkomunikasi dengan tim. Saat kita sudah memiliki tim, pegawai, atau apapun sebutan teman-teman untuk orang orang yang menjadi support system dalam bekerja, berkomunikasi dan berdiskusi dengan mereka memberikan sensasi tersendiri. Melibatkan mereka sehingga kita bisa sadar bahwa pekerjaan, project, atau bisnis ini bukan hanya tentang kita. Tapi ada banyak orang yang “bergantung” pada apa yang kita kerjakan. Jadi kalo kita sedang down secara mental, libatkan mereka untuk berdiskusi. Niscaya, beban akan terbagi dan solusi terbaikpun akan dapat diraih.

Menyerap Banyak Informasi

Kadang kita gak mood kerja tuh bukan karena males, tapi karena mentok ide. Bener apa bener? Hehehe… Naah salah satu cara yang neng lakukan saat break adalah mencari atau menggali informasi sebanyak banyaknya. Bisa dari scrolling berita, feed Instagram, Facebook, atau twitter. Mengapa harus melakukan ini, dengan menggali informasi tentang apa yang terjadi di luar sana, bisa memberikan stimulus pada diri kita. Entah itu bisa jadi poin untuk membuat keputusan, mencari solusi, atau inovasi atas bisnis yang neng jalankan.  

Me Time

Me Time ini beneran ngebantu untuk mood booster. Kalau neng me timenya bisa nonton drakor, baca buku, tidur, dengerin musik, masak, dll. Intinya melakukan hal hal yang neng sukai untuk mengalihkan sejenak dari rutinitas kerja. Sehari mungkin satu jam deh untuk rehat sejenak untuk me time. Dijamin langsung refresh dan siap mulai kerja lagi setelah me time.  

Baca Dreambook

Nah ini paling membantu untuk mood booster sih. Baca lagi BIG WHY neng mengerjakan semuanya. Karena apa yang tertulis di dreambook itulah apa yang menggerakkan neng untuk berkarya, bekerja, dan berjuang sejauh ini. Jadi, saat lagi lemes lemesnya, tengok lagi dreambooknya. Dijamin langsung naik lagi moodnya untuk balik aktif lagi.

 

5 hal di atas mungkin sama dengan yang teman-teman lakukan selama ini. Benar ga? Ada yang samaan sama neng? Semoga kita semua tetap produktif yaah… Sampai bertemu di blog post lainnya  

Jangan lupa bahagia :)

 






Tulisan ini diikutsertakan dalam blog challenge Indscript Writing 'Perempuan Menulis Bahagia'

0 comments:

Post a Comment